PENERIMAAN KOMUNI PERTAMA DI STASI HARAPAN INDAH


Serentet wajah anak-anak  dengan beraneka ekspresi  satu per satu menjauh dari Romo yang telah menerimakan Komuni  pertamanya.  Mungkin sensasi yang diterima oleh anak-anak ini sangat beragam, ada yang senyum-senyum, ada yang berbinar, ada yang tegang dan bahkan ada yang tanpa ekspresi. Semua itu mewakili kelegaan dan suka cita serta rasa penasaran yang terpendam selama masa persiapan dan pelajaran calon komuni pertama.


Tepatnya pada hari Minggu kemarin (10/06/2012) dalam Perayaan Misa kedua di Gereja Santo Albertus Kota Harapan Indah diselenggarakan acara “Penerimaan Komuni Pertama”.  Misa ini bertepatan dengan Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus. Penerimaan Komuni Pertama yang bertemakan “Yesus Cinta Saya” ini diikuti oleh 132 anak. 

Prosesi acara ini diawali dengan sesi  serah terima di depan gereja yang mana peserta sudah di persiapkan melalui pelajaran secara rutin baik melalui sekolah tertentu maupun secara langsung oleh seksi Katekese Stasi Harapan Indah.  Semua peserta sudah dinyatakan pantas untuk menerima Komuni Pertama.

Anak-anak yang mengenakan seragam putih-putih itu berbaris rapi memasuki gereja bersama Romo Nevi yang memimpin misa.  Anak perempuan mengenakan bando berhias mahkota bunga putih dan anak laki-laki mengenakan dasi kupu-kupu hitam. Suasana terlihat begitu sakral sementara lagu-lagu pujian terlantun dari siswa Sekolah Cahaya Harapan yang bertugas koor saat itu.  

Bacaan Injil saat itu tentang “Inilah Tubuhku, Inilah darahku” dibawakan oleh Romo Nevi dengan cukup baik dan jelas. Dalam kotbahnya Romo Nevi mewakili Romo Yoseph dan Romo Yonas mengucapkan terima kasih kepada orang tua maupun pembina yang telah mempersiapkan anak-anak ini untuk menerima komuni pertama. Romo Nevi pun turun dari altar dan menyapa anak-anak dari dekat sambil bertanya jawab.  Beberapa anak menjawab dengan ragam mengenai pertanyaan : Apakah anak-anak gembira ? Mengapa gembira ? Apakah Yesus cinta kepada anak-anak? Buktinya apa?

Setelah misa usai dilanjutkan dengan pembagian Surat Komuni Pertama dan bingkisan serta foto bersama. Selamat buat anak-anak penerima komuni pertama semoga semakin dewasa dalam iman. Selamat juga buat para orang tua yang telah mendukung anak-anaknya sesuai dalam janji perkawinannya untuk mendidik anak-anaknya secara katholik.

Previous
Next Post »