KEGIATAN SEKSI HAAK & KEMASYARAKATAN


Umat Katolik senantiasa menjaga baik hubungan dengan pihak mana pun.  Dalam struktur organisasi gereja pun terdapat Seksi HAAK & Kemasyarakatan.  Selama ini mungkin kita sudah sering mendengar istilah HAAK & Kemasyarakatan namun banyak yang belum tahu secara tepat apa maksud dan kepanjangan dari HAAK & Kemasyarakatan itu. Kepanjangan dari HAAK & Kemasyarakatan adalah Hubungan Antar Agama Keyakinan & Kemasyarakatan.


Kegiatan yang telah dilakukan oleh Seksi HAAK & Kemasyarakatan di bawah pimpinan Bapak Cosmas Yudi ini antara lain adalah Buka Puasa Bersama dengan para tokoh agama dan masyarakat di Ruang VIP Rumah Makan Padang Sederhana Harapan Indah (14/08/2012). Pada hari Minggu (30/09/2012) lalu Seksi HAAK & Kemasyarakatan ini juga menghadiri undangan Halal Bihalal Pengurus Cabang Ikatan Pencak Silat NU Pagar Nusa Kota Bekasi.  Acara ini di selenggarakan di Gedung Patriot Pemda Jl. A.Yani No 1 Kota Bekasi. Dalam kesempatan ini seksi HAAK & Kemasyarakatan yang diwakili oleh Bpk. Cosmas Yudi, Bpk. C. Supriyadi dan Bpk. Yudi Windarto diterima oleh Bpk. Ir. Deddy Subrantas MM,IAI sebagai Ketua IPC NU Pagar Nusa.

Kita sangat berterima kasih kepada pengurus IPS Pagar Nusa NU Kota Bekasi yang telah mengundang dan mau menjalin hubungan antar umat beragama di kota Bekasi.  Bahkan penyambutan terhadap team HAAK & Kemasyarakatan kita cukup baik dan ditempatkan di barisan depan berdampingan dengan para kiai dan sesepuh pengurus NU serta perwakilan dari Pemda Kota Bekasi.

Dalam  sambutanya Ketua Pagar Nusa wilayah Jawa Barat Bpk. K.H. Ubaidillah Ruhiyat yang juga merupakan pimpinan Pondok Pesantren Cipasung, mengatakan bahwa, mereka sangat berterima kasih atas kehadiran Seksi HAAK & Kemasyarakatan sebagai umat non muslim yang bersedia hadir dalam acara ini.  Beliau juga mengatakatan bahwa NU selalu mengedepankan hidup rukun dengan semua agama2 yang ada di Indonesia.  Alangkah indahnya kita hidup saling menghargai,menghargai agama lain dan tidak saling membenci,tidak saling memusuhi,tidak saling mencurigai satu dengan yang lain. Mereka juga berusaha bekerjasama dalam segala hal dan bidang agar hidup kita bersinergi antar umat beragama serta kita dapat menciptakan keamanan dan ketentraman di Kota Bekasi.

Kita sebagai umat Gereja Santo Albertus juga perlu menjaga hubungan baik dengan sesame umat manusia tanpa membedakan suku, ras dan agama. Kita juga perlu bersilaturahmi dengan saling mengunjungi apabila disekitar tempat tinggal kita ada umat agama lain yang sakit, berduka maupun saat perayaan-perayaan agama lain. Disini kita akan merasakan kedamaian dan kita jangan berkecil hati untuk tetap menyapa mereka, walaupun terkadang kita merasa dicurigai, tidak diterima, atau bahkan dikucilkan. Marilah kita mulai dari diri kita sendiri sebagai umat Katolik untuk berusaha agar di Negara kita ini semakin cinta damai dalam kerukunan umat beragama sehingga masa depan anak cucu kita ke depan semakin damai. Dengan demikian tidak akan ada lagi pengrusakan rumah ibadah maupun melarang orang lain beribadah.  Harapan kita nantinya masalah perijinan pembangunan rumah ibadah juga semakin mudah dan tidak seperti sekarang ini .

Acara ini juga dimeriahkan dengan atraksi pencak silat dengan teknik kekebalan badan.  Ada yang tidak mempan di clurit, di silet maupun di tusuk dengan jarum. Bahkan ada yang melepaskan diri dari tangan yang terborgol. Namun semua itu hanya suatu pertunjukan yang sifatnya hiburan saja.

Seksi HAAK & Kemasyarakatan berharap apabila di sekitar lingkungan kita ada tokoh-tokoh agama dari agama lain mohon bisa memperkenalkan team dari  seksi HAAK & Kemasyarakatan ini agar hubungan umat beragama di Kota Bekasi  semakin baik.

Yudi Windarto - Team Liputan KABAR St.Albertus




SEKSI HAAK & KEMASYARAKATAN
Ketua : Cosmas Yudi
Sekretaris : Yudi Windarto
Bendahara : Maria Titik Suharni
Hubungan intern : C. Supriyadi
Hubungan extern : Haryono


Previous
Next Post »