Ziarek KOPDIT TRITUNGGAL St.Albertus


Stasi Harapan Indah telah memiliki Koperasi Kredit ( Credit Union ) sejak sekitar 6 tahun yang lalu yang tepatnya didirikan pada tanggal 17 Desember 2006 dengan area kerja di Stasi Harapan Indah , St Albertus , Bekasi dan sekitarnya . Koperasi Kredit (Kopdit) Tritunggal bertujuan untuk membantu para anggota dalam hal simpan/pinjam sehingga para anggota mempunyai kemampuan untuk mengelola keuangannya dengan baik dan sehat .


Dalam rangka untuk menunjang kegiatan Kopdit dan merujuk pada salah satu programnya , yaitu untuk meningkatkan komunikasi , keakraban dan persaudaraan diantara anggota dengan pengurus Kopdit Tritunggal , maka perlu adanya suatu kegiatan bersama yaitu Ziarex (Ziarah dan Rekreasi) , kegiatan ini mengandung unsur2 yang baik yaitu unsur kerohanian (Ziarah) dan unsur keakraban (rekreasi) .

Acara Ziarek ini dilangsungkan di Goa Maria Adem Ayem , Gereja St Yakobus Rasul, Mega Mendung Bogor pada hari Sabtu (22/09/2012) lalu. Acara yang “PERSAUDARAAN UNTUK MEMBANGUN KOPDIT” ini bertujuan untuk menunjang kegiatan dan memperkuat usaha2 Kopdit TRITUNGGAL yang sedang digalakkan oleh para pengurusnya ,usaha2 tersebut memerlukan dukungan dari para anggotanya , maka dengan adanya kegiatan Ziarex Kopdit-2012 diharapankan para anggota dan pengurus Kopdit akan lebih mengenal satu dengan yang lainnya secara lebih akrab . Sehingga program2 yang diluncurkan oleh Pengurus Kopdit akan mudah diresponse oleh para anggota .

Peserta yang berjumlah sekitar 45 orang itu sudah berkumpul pagi itu di Gereja St.Albertus untuk registrasi ulang dan bersiap untuk berangkat. Tepat jam 06:15 rombongan berangkat dari komplek Gereja St Albertus Harapan Indah , Bekasi menyusuri jalan Cakung melenggang ke Jagorawi sambil  alunan musik lagu2 nostalgia jadul dan nyanyian artis dadakan , rombongan tetap bergembira meskipun sempat tersendat di Pintu Tol Ciawi dan pertigaan Megamendung menunggu giliran arus lalu lintas di buka .

Perjalanan yang menggunakan 2 bus ini didampingi oleh Romo Ramlan Sihombing,SVD. Setibanya di Gereja St Yakobus Rasul Megamendung kami di sambut dengan hangat oleh tuan rumah para Koster dan Pastur RD Markus Santoso . Setelah beristirahat sejenak , kami memulai dengan acara lbadat Jalan Salib yang diikuti dengan khidmat oleh seluruh peserta Ziarex .

Acara dilanjutkan dengan  acara kebersamaan yang mana dalam sesi ini diisi dengan sosialisasi program KOPDIT. Pada kesempatan tsb Ketua Kopdit saat ini FX Bambang Sumantri memaparkan sejarah singkat tentang perkembangan dan kegiatan2 Koperasi Kredit Tritunggal yg melayani angotanya di area Stasi Harapan Indah , St Albertus Bekasi , jumlah anggota saat ini tercatat sebanyak 330orang , adapun program2 yang sudah dilaksanakan meliputi ; simpan/pinjam , TABUNGAN JUNIOR yang sangat bermanfaat bagi anak2 dan remaja untuk berlatih mereka menabung sejak usia dini , juga ada program PRO-MORIA program pembiayaan untuk membantu anggota Kopdit dalam upaya  memiliki kendaraan bermotor roda dua dan program lainnya yg cukup menarik adalah PRO-ZITAS yaitu sebuah program untuk pembiayaan Ziarah ke tanah suci , kloter pertama Prozitas  akan berangkat di awal bulan Desember 2013 menuju Yerusalem dan sekitarnya , untuk kloter-1 banyak peminatnya yg mendaftar dan sudah saat ini telah terisi penuh full booking  , program Prozitas akan dilanjutkan dengan membuka pendaftaran untuk kloter-2.

Program2 tersebut akan terus berjalan untuk melayani kebutuhan anggotanya , Koperasi adalah sebuah wadah milik anggotanya , milik bersama yg harus dijaga dan dikelola dengan sebaik2nya  , dan berharap semakin hari semakin banyak anggota yang bergabung dalam wadah Kopdit Tritunggal sehingga kelak koperasi ini menjadi besar dan kuat seperti halnya koperasi2 lainnya yang sudah berjalan lebih awal.

Dalam kesempatan ini Romo Marcus Santoso juga mempresentasikan kepada segenap peserta ziarek ini   mengenai Gereja  St Yakobus Rasul Megamendung Bogor. Secara detail Romo menjelaskan bahwa gereja ini dapat menampung 500 orang dalam suatu perayaan Ekaristi , dengan adanya Goa Maria Adem Ayem yang ditata cukup asri diharapkan mampu berkembang sebagai Gereja wisata dan transit , sehingga dapat terpenuhinya kebutuhan umat untuk beribadah , ziarah , rekoleksi maupun retreat pribadi

Untuk memeriahkan suasana panitia membagikan Door Prizes bagi para peserta yang beruntung mendapatkannya , sebelum menerima hadiah tsb para pemenang terlebih dahulu didaulat untuk menunjukkan kebolehannya , seperti menyanyi & berjoget untuk menghibur para peserta lainnya atau menyampaikan pesan dan kesannya selama menjadi anggota Kopdit Tritunggal ,

Acara yang cukup berkesan ini dilanjutkan dengan “ Permainan komunikasi masa “ , peserta dibagi kedalam 4 (empat) kelompok dan diberikan sebuah kalimat , panitia ingin menguji sejauh mana setiap kelompok bisa bekerja sama dengan cermat dan memastikan sebuah informasi diterima dengan utuh tanpa terjadi pembiasan . Untuk itu para pemenangnya diberikan hadiah yang cukup menarik oleh panitia .  Semua peserta juga berkesempatan mendapatkan pembagian cindera mata berupa sebuah gantungan kunci yang mungil dan menarik.

 Tak terasa waktu telah bergulir dengan cepatnya dan tibalah untuk waktu makan siang bersama , sayur asem + ayam goreng + teri medan + tahu/tempe dan lalapan serta sambal terasi terasa nikmat sekali untuk santap siang di area pegunungan ini . Tidak lupa untuk mengabadikan rangkaina kegiatan ini maka dilakukan photo bersama sebagai kenang2an telah berkunjung dan melaksanakan kegiatan Ziarex di Goa Maria Adem Ayem , Gereja St Yakobus Rasul Megamendung yang tertata asri dan sejuk

Maka usai sudah rangkaian acara kegiatan di Gereja ST Yakobus Rasul , rombongan bergegas menuju route berikutnya yaitu ke Cimori pusat oleh2 makanan untuk dibawa pulang ke Bekasi . Usai memilih oleh2 di Cimori maka rombongan kembali menuju ke Bekasi , dan berharap kedepan akan dilaksanakan kembali kegiatan sejenis dengan durasi lebih lama .

FX Bambang Sumantri – Team Komsos SEGERA (Seputar Gereja St.Albertus) 
Previous
Next Post »