RETRET PENGUTUSAN KEP-7



Setelah menyelesaikan kursus selama hampir 9 bulan maka tibalah saatnya puncak dari pengajaran Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP) yaitu Retret Pengutusan. Retret yang bertema “ KITA SEMUA DIUTUS” ini diikuti oleh 56 peserta dari total peserta yang seharusnya berjumlah 63 peserta. Ada 7 peserta yang berhalangan sehingga sesi retret ini harus mereka ikuti tahun depan.


Jumat pagi (19/10/2012) tepatnya pukul 09.00 wib para peserta retret ini berangkat dari pelataran Gereja St.Albertus. Retret yang diselenggarakan selama 3 hari ini ( 19-21/10-2012) bertempat di Wisma Tugu Wacana SVD Cisarua Bogor. Total peserta termasuk panitia dan alumni mencapai sekitar 100 orang.


Kegiatan hari pertama diawali dengan misa pembukaan yang dipimpin oleh Romo RD Markus Santoso,PR ( Romo dari Gereja St.Yakobus Rasul, Megamendung ). Dalam kotbahnya Romo Markus ini menegaskan kembali dengan lebih jelas tentang “perutusan”. Sesi pertama yang bertema YESUS SAHABATKU dibawakan oleh Bapak Dhony Widhiyanto dari Shekinah. Kegiatan hari pertama ditutup dengan Adorasi yang dibawakan oleh Romo RD Markus Santoso,Pr dengan Romo Lukas,SVD di kapel Wisma Tugu Wacana. Adorasi berjalan dengan baik dan peserta banyak yang mengalami jamahan Roh Kudus ketika Monstran dibawa keliling mendekati peserta.


Pagi-pagi buta panitia yang bertugas membangunkan peserta sudah berkeliling menghampiri kamar demi kamar. Misa pagi yang dipimpin Romo Lukas,SVD pun dimulai tepat pukul 06.00 wib. Sesi kedua yang bertema YESUS PEMBIMBING DAN PENYEMBUHKU dibawakan oleh Ibu Lanny Polla dari Shekinah. Setiap awal sesi selalu dimulai dengan sesi pujian yang dikemas apik oleh team pujian dari PDKK St.Albertus. Di akhir sesi ditutup dengan refleksi pribadi dan sharing kelompok.


Sesi ketiga dengan tema YESUS JURU SELAMAT DAN PEMANGGUL SALIBKU dibawakan oleh Bapak Dhony dengan sangat menyentuh hati dan menghantarkan para peserta menuju pertobatan. Dalam sesi ini pertobatan dan pengampunan dikemas dalam acara pembasuhan kaki. Panitia menyediakan beberapa figure mulai dari anak-anak, dewasa, bapak ibu dan kakek nenek. Bagi peserta yang tergerak untuk mengampuni siapa pun yang telah melukai hatinya dapat mengekspresikan pengampunannya terhadap figure yang sesuai. Sehingga dengan demikian diharapkan segala beban dihatinya dapat dilepaskan dan bisa membuka lembaran baru yang lebih baik. Sesi yang sebelumnya sempat menjadi pro dan kontra ini rupanya membuahkan hasil yang mengembirakan karena hampir semua peserta tergerak untuk mengambil bagian dalam sesi ini. Bahkan sebagian panitia pun tidak ketinggalan untuk memanfaatkan peluang ini. Acara pun dilanjutkan dengan Ibadat Tobat yang dibawakan oleh Romo Lukas,SVD di Kapel dan dilanjutkan dengan Sakramen Tobat dan konseling. Peserta selanjutnya berkenan istirahat sejenak untuk mandi sore.


Sesi ke empat dengan tema YESUS SUKA-CITAKU diawali dengan pujian dari team PDKK dan dibawakan kembali oleh Ibu Lanny Polla yang sangat lugas menyindir sana sini dengan contoh konkrit sehari-hari  sehingga hampir semua peserta maupun panitia terkena dengan pengajaran beliau ini. Peserta pun dibawa menuju ke sikap yang siap diutus. Setelah makan malam acara dilanjutkan dengan sesi kelima “ROH KUDUS KEKUATANKU” yang dibawakan oleh Bapak Dhony. Sesi ini diakhiri dengan doa mohon Roh Kudus ( Pencurahan Roh Kudus ). Banyak peserta yang mengalami resting dalam sesi ini. Roh Kudus benar benar hadir dalam sesi ini. Panitia pun dengan sigap bertugas sesuai dengan rencana. Puji Tuhan acara ini berlangsung sukses dan banyak diantaranya memberi kesaksian tentang apa yang mereka alami.


Minggu pagi (21/10/2012) yang merupakan hari ketiga diawali dengan sesi keenam “YESUS PEMIMPINKU DAN PENGINJILKU YANG MELAYANI”. Sesi ini kembali dibawakan oleh Ibu Lanny Polla dan dalam sesi ini peserta dibawa menuju ke sikap untuk memimpin dan melayani dalam kelanjutan KEP angkatan selanjutnya. Para peserta ditantang dan ditanya siapa yang sipa untuk melayani dalam kepanitiaan KEP selanjutnya. Dari seluruh peserta yang tidak maju hanya ada dua peserta saja. Dalam kesempatan itu langsung dipilih formasi kepanitiaan dasar yang terdiri dari Ketua, wakil, sekretaris dan bendahara.


Retret Pengutusan ini ditutup dengan Misa Pengutusan yang di pimpin oleh Romo Yoseph Jaga Dawam,SVD didampingi Romo Lukas,SVD dan Romo Frans,SVD. Sebuah misa yang luar biasa yang dibawakan oleh 3 Romo. Dalam misa ini peserta berkenan untuk mencium dan memeluk salib sembari mengucapkan janji-janji pelayanannya kemudian dikalungkan selendang perutusan dan terakhir diberkati oleh Romo Yoseph.


Sebelum meninggalkan lokasi para peserta foto bersama dan makan siang. Kurang lebih pukul 15.00 wib peserta meninggalkan lokasi menuju ke Gereja St.Albertus Harapan Indah. Selamat berkarya bagi peserta KEP-7.


Ketua : Petrus Suradji
Wakil : Yudi Windarto
Sekretaris : Andriyani
Bendahara : Maria Siwi



UCAPAN TERIMA KASIH
Mengucapkan Terima kasih yang sebesar-besarnya dan mohon Rahmat berlimpah kepada  para Donatur  yang telah merelakan sebagian hartanya untuk mendukung kegiatan Kursus Evangelisasi Pribadi Angkatan ke 7 yang telah ditutup dengan Retret Perutusan tgl 19,20,21 Oktober di Wisma Tugu SVD, Cisarua- Bogor.



Previous
Next Post »