HUT PASUTRI St. Albertus.



Misa hari Sabtu tanggal 8-12-2012, jam 17.30 terasa sangat istimewa karena ada 2 seksi dalam acara tersebut yaitu peneguhan OMK Stasi & Wiliayah dan HUT PASUTRI St. Albertus. Dikatakan istimewa karena ada 20 pasang PASUTRI yang akan meneguhkan janji perkawinan. Misa dipimpin oleh Rm. Yonas Manue Hunu, SVD, dalam pesannya, Romo menyampaikan bahwa begitu banyak pasangan – pasangan yang datang kepadanya di pastoran Kranji, untuk meminta “ Peninjauan kembali Pernikahan “ karena banyak yang ingin berpisah atau bercerai dengan pasangannya, karena sudah tidak ada lagi kecocokan. Romo begitu gembira karena malam ini ada 20 pasang PASUTRI yang datang kepada Tuhan untuk memperbaharui janji perkawinan mereka bersama dengan seksi kerasulan keluarga para PASUTRI dihantar untuk meneguhkan kembali janji perkawinannya dihadapan Imam dan umat, semoga para PASUTRI ini lebih memaknai kehidupan berkeluarga , sehingga boleh berbahagia, hidup rukun, dalam damai sejahtera. Romo menyampaikan proficiat untuk ini.


Seksi kerasulan keluarga (SKK) telah berada di stasi St. Albertus 6 tahun silam, tetapi masih banya umat yang belum mengetahui keberadaaan SKK, bahkan nama SKK saja rasanya baru mereka dengar, sehingga ada yang menanyakan SKK itu apa? Tugasnya apa saja?

SKK adalah Singkatan dari “Seksi Kerasulan Keluarga” Seksi ini berada di bawah Dewan bidang pelayanan dengan moderatornya Rm. Yonas Manue Hunu SVD, tugas utama SKK adalah “Pendamping Keluarga”. Dalam tugas sebagi konselor awam yang terlatih untuk mendampingi keluarga – keluarga di St. Albertus, secara bertahap anggota – anggota SKK akan dilatih di KOMKK – KAJ dan Unika Atma Jaya untuk lebih memahami tugas- tugas sebagai seorang pendamping keluarga, ada 2 macam kursus yang diikuti oleh anggota SKK, yaitu kursus pendampingan keluarga (KPK) dan kursus teknik dasar konseling. Bagi keluarga yang memerlukan jasa konseling dapat menghubungi SKK dan rahasia dijamin, hanya SKK yang bersangkutan dengan klien saja yang mengetahui.


SKK juga menginformasikan tentang CHOICE, DISCOVERS, KPP, serta mengadakan rekoleksi / retret/ seminar keluarga. Program SKK “Bulan Keluarga” akan mengadakan “ RETRET PASUTRI” pada tanggal 1,2,&3 Maret 2013, bertempat di Wisma Bina Keluarga, Cisarua – Puncak dengan tema “Semakin Tua,Semakin Manis” artinya, semakin tua / bertambah usia perkawinan, akan semakin manis / harmonis hubungan suami istri (PASUTRI) yang tentunya akan berdampak positif terhadap keluarga / anak – anak.

Dalam HUT PASUTRI ada pembaharuan, sekarang ini SKK melaksanakan rekoleksi PASUTRI, sehari sebelum misa HUT PASUTRI dilaksanakan dan setelah misa HUT PASUTRI diadakan pertemuan ramah tamah bersama keluarga, ada sharing, puji – pujian, tiup lilin kue ulang tahun perkawinan dari tiap pasang PASUTRI dan lain – lain. Harapan kami team SKK agar pelayanan yang dapat kami lakukan kiranya bermanfaat bagi para keluarga, khususnya keluarga St. Albertus. AMIN

FX. Williamto
Previous
Next Post »