R.A.T Koperasi Kredit Tritunggal St. Albertus



R.A.T, begitulah kami menyebutnya. Rapat Anggota Tahunan Koperasi Kredit Tritunggal Stasi St. Albertus tahun 2013 diadakan pada tanggal 16 Februari 2013 yang lalu di aula Gereja St. Albertus – Harapan Indah. Dengan jumlah hampir 100 orang, R.A.T ini dimulai pukul 10 pagi dan dibuka dengan ibadat bersama bapak Bambang, salah satu prodiakon di Stasi St. Albertus yang juga adalah pengurus Koperasi.

Kemudian acara ini dilanjutkan dengan seminar singkat dari bapak Agung Noertjahjono yang adalah seorang pemerhati dan penggagas terbentuknya Credit Union (CU) di Keuskupan Agung Jakarta (KAJ). Beliau menjelaskan banyak hal mengenai Credit Union yang sering juga kita sebut Koperasi Kredit, bahwa CU ini adalah sebuah sarana yang tepat bagi kita untuk menabung karena banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan didalamnya. Selain itu, kegiatan simpan pinjam yang dijalankan dalam Koperasi pun juga dapat membantu para anggotanya dalam memenuhi berbagai kebutuhan. Tentu saja dengan syarat dan ketentuan yang harus diperhatikan, seperti membayar angsuran pinjaman tepat waktu atau membayar tambahan denda apabila sudah lewat batas pembayaran angsuran, juga berbagai aturan yang harus dipatuhi sebelum permohonan pinjaman dapat disetujui.


R.A.T ini kemudian dilanjutkan dengan makan siang bersama, dimeriahkan oleh iringan musik dari ibu Agnes, juga tambahan lagu dari beberapa ibu – ibu yang bersedia menyanyi dengan ceria. Kemudian, acara dilanjutkan dengan penyampaian Laporan Pertanggungjawaban dan perkembangan CU Tritunggal tahun 2012 oleh bapak Bambang Sumantri selaku ketua umum dari Koperasi Kredit Tritunggal di Stasi St. Albertus. Disini disampaikan bahwa Koperasi Kredit Tritunggal yang dengan inisiatif dari Sie. SPSE mulai didirikan pada tahun 2006 di Stasi St. Albertus terus berkembang setiap tahunnya, dan sampai saat ini jumlah anggota sudah mencapai 350 orang dewasa, ditambah 50 anggota Tabungan Junior.


Untuk mengakhiri acara, diadakan pengundian doorprize yang meramaikan penutupan R.A.T tahun ini. Kemudian para bapak ibu yang hadir dipersilahkan mengantri untuk pembagian deviden atau keuntungan bersama selama tahun 2012 yang lalu. Seperti yang kita ketahui, Koperasi Kredit adalah milik kita bersama, maka sudah sepatutnyalah kita menjaga sarana simpan – pinjam ini dengan baik, seperti membayar pinjaman tepat waktu, rutin menabung dengan membayar simpanan wajib setiap bulannya, juga ikut berpartisipasi dalam berbagai program yang diadakan (a.l. : Pro-ZiTas, Pro-MoRia, Pro-ZiDan, dsb). Tentu saja semua ini demi keuntungan dan kesejahteraan kita sendiri, para anggotanya. Semoga Tuhan senantiasa memberkati kita sekalian. Amin 

By Pengurus Koperasi Kredit Tritunggal St. Albertus
Previous
Next Post »