Rekoleksi Keluarga Wilayah Felicitas “Peran Keluarga Dalam Pembentukan Iman Katolik”


SABTU-MINGGU (2-3/2/2013) menjadi hari yang sangat berkesan bagi seluruh umat di Wilayah Santa Felicitas, karena untuk pertama kalinya bisa melaksanakan Rekoleksi Keluarga dengan tema “Peran Keluarga Dalam Pembentukan Iman Katolik” yang diadakan di Erema Village, Cisarua Bogor.


Acara rekoleksi ini dihadiri oleh 110 orang terdiri dari 65 orang dewasa, 22 OMK, dan 23 anak-anak dan didampingi oleh Romo Yonas Manue Hunu, SVD., Suster Zita KYM, dan Suster Lydia KYM. Acara dimulai dengan doa pembukaan dan sambutan oleh Bpk. Kanisius Ambasan sebagai ketua Wilayah Santa Felicitas sekaligus menjadi MC dalam acara ini.
Sesi pertama dibagi menjadi 3 kelompok. Kelompok pertama untuk pasutri,diisi dengan acara talkshow dan sharing “Permasalahan Dalam Keluarga dan Bagaimana Membentuk Keluarga Yang Ideal” dengan narasumber Bpk. Albertus Simamora dan Bpk. Robert Hardiyanto. Kelompok kedua untuk OMK, tentang “Peran OMK Dalam Gereja dan Keluarga” diisi dengan diskusi dan presentasi kelompok yang didampingi oleh Bpk. Wisnu Baroto dan Inyo Soro.


Kelompok ketiga untuk anak-anak, didampingi oleh Suster Zita dan Suster Lydia. Diisi dengan acara menonton film “Keluarga Harmonis” tentang komunikasi antara orang tua dan anak, dilanjutkan dengan quis dan kreatifias anak. Setelah coffee break diadakan games yang melibatkan orang tua dan anak-anak. Usai makan malam acara dilanjutkan dengan sesi kedua oleh Romo Yonas “Isi Iman Katolik” dan sesi tanya jawab. Acara hari pertama diakhiri dengan doa malam dan acara bebas.

Keesokan harinya setelah makan pagi acara dimulai dengansharing 3 pasang pasutri dari 3 generasi yang berbeda, tentang bagaimana cara mendidik anak sejak usia dini sesuai dengan iman Katolik. Kemudian dilanjutkan dengan sesi ketiga oleh Romo Yonas “Peran Keluarga Dalam Membentuk dan Mewariskan Iman Katolik”. Terlihat umat begitu antusias mengikuti sesi inti dari serangkaian acara rekoleksi ini, karena seperti biasanya materi yang disampaikan oleh Romo Yonas sangat singkat, padat, jelas, mengena dihati pendengar dengan contoh-contoh kongkrit yang sering terjadi dalam kehidupan berkeluarga pada umumnya.

Setelah coffee breakacara dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Stefanus Wiratama sebagai Ketua OMK Wilayah Santa Filicitas, sekaligus mensosialisasikan program-program yang akan dilaksanakan oleh OMKdi Paroki dan Stasi. Acarahari kedua ditutup dengan Perayaan Ekaristi dan pembaharuan janji nikah untuk semua pasangan suami istri yang hadir dalam acara rekoleksi ini.

Tak terasa setelah foto bersama dan makan siang, kami harus segera membereskan barang-barang dan kembali ke Harapan Indah lagi.  Waktu kebersamaan selama 2 hari terasa begitu singkat.Dengan adanya sharing antar keluarga, kami menjadi begitu akrab dan saling menguatkan satu sama lain.Dengan adanya  rekoleksi ini menjadi inspirasi yang sangat berharga bagi kami, terutama pasangan keluarga muda dalam mendidik anak-anak kami sesuai dengan iman Katolik.

Terimakasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan kepada Romo Yonas, Suster Zita dan Suster Lydia yang telah mendampingi kami selama acara rekoleksi ini. Tak lupa juga kami mengucapkan  terima kasih kepada para narasumber dan seluruh panitia, sehingga acara ini boleh berjalan dengan baik dan lancar.

By Neli Apriyanti - Wilayah Felicitas



Previous
Next Post »