Seputar Misa Katekumen Baptis

Rangkaian persiapan misa pembabtisan diawali dengan rekoleksi calon babtis yang dilanjutkan dengan gladi bersih. Kegiatan ini bertempat di Gereja Santo Albertus, tepatnya jam 10.30 pada hari Minggu (10/3/2013). Rekoleksi bagi 31 orang katakumen dewasa dan wali baptis bertempat di gereja sedangkan untuk 27 katekumen anak yang berlangsung di atas Sakristi. 


Bapak Julius Bhele menyampaikan beberapa hal,tentang Sakramen Baptis yang merupakan pintu utama untuk seseorang dapat menerima sakramen penguatan,sakramen ekaristi yang mana tiga sakramen ini merupakan Sakramen Inisiasi kita sebagai murid-murid Kristus diutus sebagai 1. Imam 2.Raja 3.Nabi 


Rahmat yang kita peroleh dari Baptisan adalah dosa asal dan dosa kita dihapus. Menjadi ciptaan baru, serta menjadi anggota Gereja penuh, dan dimateraikan. Tugas wali baptis, adalah melindungi anggota Gereja dari orang yang baru di baptis, dan sebagai pendidikan iman bagi wali baptisnya. 


Sementara Ibu Ignasia dalam rekoleksi katakumen baptis anak di ruang atas Sakristi me-review kembali pelajaran-pelajaran yang sudah diterima para peserta serta mengajak supaya hidup menggereja setelah mendapat Sakramen Baptis, bisa bergabung lewat misdinar, OMK, dan kelompok-kelompok kategorial lain. Ibu Ignas juga memaparkan arti dari Sakramen Baptis yaitu mendapat rahmat pengampunan dosa, serta mendapat rahmat karunia Roh Kudus lewat minyak urapan. Juga mendapatkan lilin sebagai lambang terang Kristus, serta pakaian putih sebagai lambang kesucian hati. Setelah rekat sejenak untuk makan siang dan dilanjutkan Gladi bersih. 


Pelaksanaan Misa Baptisan Katekumen pada hari Selasa (12/03/2013) dan dimulai pada jam 4 sore, Misa dipimpin oleh Romo Yonas Manue Hunu, SVD yang dihadiri, 25 ketua lingkungan serta 150 umat. 


Dalam homilinya, Romo Yonas Manue Hunu,SVD mengatakan seluruh umat Stasi Dewan Paroki menyambut anggota Gereja yang baru dan berharap agar para baptisan baru aktif dalam menggereja baik melalui aktif di lingkungan, wilayah, misdinar, OMK, dan kelompok kategorial lainnya. Dan kepada 6 pasutri yang menerima janjin pengukuhan perkawinan Romo berharap agar menjadi keluarga yang meneladani keluarga Nazaret. Romo Yonas juga mengucapkan terimakasih para Tim Katakese yang selama 1 tahun sudah dengan setia melayani para Katakumen. 


Selanjutnya setelah Misa berakhir diadakan ramah tamah di Aula Gereja diiringi lagu dari panitia, para peserta baptisan baru dan keluarga disambut hangat oleh Dewan Stasi yang diwakili oleh Bapak Albertus Simamora, serta Bapak Petrus Urspon sebagai koordinator bidang pewartaan membagikan kenang-kenangan, didampingi ibu Lisa sebagai koodinator katakese, serta para pembina. Acara berakhir setelah santap malam, Proviciat bagi para baptisan baru. 

Vera & Lilis-Team Komsos St. Albertus 
Previous
Next Post »