Retreat Pengutusan KEP-8 St. Albertus Agung


Jumat pagi (01/11), halaman parkir Gereja St. Albertus Agung – Stasi Harapan Indah, tampak ramai. Hari itu adalah hari pemberangkatan peserta retret pengutusan Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP). Retret kali ini, bertempat di Wisma Anugrah – Gunung Geulis – Bogor yang berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 01 November hingga 03 November 2013.
Retret Pengutusan adalah puncak dari kegiatan KEP yang sudah diadakan selama kurang lebih 8 bulan, sejak Februari 2013. Dalam kegiatan tersebut, stasi dan panitia bekerjasama dengan Shekinah sebagai penyelenggara kegiatan. KEP tahun ini di Stasi St Albertus-Harapan Indah merupakan angkatan yang ke-8. Kursus diikuti oleh kurang lebin 52 orang. Dari jumlah tersebut, 35 orang di antaranya terdaftar untuk mengikuti kegiatan Retret selama tiga hari tersebut. Selain peserta, ada juga anggota keluarga yang mengikuti retret ini.


Kegiatan Retret hari pertama, diawali dengan Misa pembukaan, yang dipimpin oleh Pastor Maxximus, CSSR. Misa diadakan di Aula. Selanjutnya setelah Misa, peserta mengikuti beberapa sessi pengajaran di aula. Pengajaran hari pertama ini diberikan oleh Ibu Emmy. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan pengajaran ini. Setelah kegiatan pengajaran dan makan malam, kegiatan hari pertama ditutup dengan Ibadat Adorasi.

Ibadat Adorasi atau penghormatan kepada Sakramen Maha Kudus, dipimpin oleh Romo Maxximus, CSSR. Setiap yang hadir diberikan kesempatan untuk berdoa secara pribadi di depan Sakramen Mahakudus.

Hari kedua kegiatan retret sangat padat, Pukul enam pagi peserta sudah siap mengikuti Misa pagi yang dipimpin oleh Romo Maxximus, CSSR. Kemudian setelah sarapan pagi, para peserta kembali mengikuti kegiatan pengajaran.

Menjadi Lebih Dekat Dengan Tuhan
Hari kedua pengajaran diberikan oleh Bp Stefanus Oey dari Shekinah. Pada pengajaran ini pun para peserta tampak antusias menyimak dan mengikutinya. Di akhir pengajaran, dilakukan refleksi pribadi dan sharing kelompok. Para peserta sungguh tersentuh, terutama saat melakukan sharing kelompok. Semua merasa sangat dikuatkan dengan adanya sharing ini. “Lebih mengenal dan dekat dengan Yesus, banyak teman dalam berbagi, dan sharing iman untuk saling menguatkan,”

Setelah makan siang, peserta kemudian mengikuti ibadat tobat, penerimaan Sakramen Tobat, dan konseling. Penerimaan Sakramen tobat dilayani oleh Romo Maxximus, CSSR. Untuk konseling dilayani oleh dua orang konselor. Peserta cukup antusias mengikut koseling, sehingga kegiatan ini baru selesai  pukul empat sore.

Sore hari, peserta masih mengikuti sessi pengajaran dari Ibu Emmy di aula, sebelum kemudian dilanjutkan denagn Pencurahan Roh Kudus. Ibadat ini kembali dipimpin oleh Romo Maxximus, CSSR. Dalam Pencurahan Roh ini, peserta sungguh merasakan kehadiran Roh Kudus, dalam bentuk yang berbeda-beda. Masing-masing disentuh, dan dikarunia karunia-karunia tertentu sesuai dengan permohonan atau pun panggilannya. Setelah selesai acara ini, peserta berkesempatan untuk memberikan kesaksian. Bermacam-macam kesaksian dan diberikan, semuanya sungguh menguatkan iman satu dengan yang lainnya. Dan sungguh kehadiran Roh Kudus telah memberikan semangat dan keberanian yang menyala-nyala dalam diri para peserta untuk terus mewartakan kabar baik Tuhan.


Selesai ibadat ini, peserta pun diajak untuk mengikuti api unggun di lapangan bawah, masing-masing peserta diberi kesempatan untuk membacakan permohonan mereka yang kemudian dilanjutkan dengan pembakaran permohonan tersebut. Acara yang di pimpin oleh Bp, Stefanus Oey diakhiri dengan berpelukan antara panitia dan peserta, sungguh sangat mengharukan kebersamaan yang terjalin selama 8 bulan. Acara dilanjutkan dengan hiburan yang dipersembahkan oleh Panitia dan Peserta, pada acara ini Romo Maxximus, CSSR ikut menari Sajojo, Poco-Poco bahkan manari Tor-Tor. Acara disudahi pukul 24.00WIB semua beranjak untuk beristirahat di kamar karena esok hari kegiatan masih cukup padat. Penat yang dirasakan tak sebanding dengan sukacita yang didapatkan malam itu.


Hari minggu, hari terakhir retret, sekaligus puncak dari seluruh rangkaian retret pengutusan ini. Diawali dengan ibadat pagi yang dipimpin oleh Prodiakon Bp. Siwi dan Bp. Petrus. Kemudian setelah sarapan, peserta masih mengikuti pengajaran yang dibawakan oleh Romo Maxximus, CSSR.


Acara kemudian dilanjutkan dengan Fellowship. Dbuka dengan aneka pujian, acara ini sangat meriah…, semua peserta dan panitia, membaur dalam satu kesatuan, penuh sukacita. Sungguh semua merasakan kebahagiaan yang luar biasa. Selanjutnya seluruh rangkaian acara Retret ditutup dengan Misa Pengutusan yang dipimpin oleh Romo Maxximus, CSSR. Dalam misa ini, setiap peserta, diberi tugas perutusan untuk terus memberitakan  kabar sukacita…


Acara kemudian ditutup dengan sessi foto bersama. Puji Tuhan, seluruh rangkaian acara selesai, seluruh peserta tiba dengan selamat kembali di gereja. Semua dengan membawa sukacita. Membawa harapan yang baru. Membawa semangat baru, siap diutus!! Amin. Tuhan memberkati.


By Panitia KEP-8
Previous
Next Post »