Lomba Pohon Natal 2013 dari bahan Daur Ulang

Sebentar lagi Natal akan segera tiba. Persiapan sudah nampak dimulai oleh Tim Panitia Natal Gereja St. Albertus Agung yang kali ini dimotori oleh Wilayah Yohanes. Wilayah Yohanes saat ini dipimpin oleh Bapak Hendra Tjitro ini terdiri dari 4 lingkungan. Area wilayah Yohanes mulai dari sekitar Perum Pondok Sani Putra, Kavling PGRI, Pejuang Pratama, Duta Bumi Sekktor 1-3 dan Permata Harapan Baru.

Daiam rangka terus membangun kesadaran umat Katolik KAJ tentang kepedulian lingkungan hidup, khususnya sampah, sampai nanti diharapkan terbentuk habitus menaruh dan memilah sampah sebagai tujuan kita bersama, untuk Natal 2013 ini, sepertì juga tahun Iaiu, kami mengundang partisìpasi paroki-paroki untuk ikut Iomba pohon Natal di gereja-gereja/kapel. 


Seperti kita ketahui, Yesus lahir ke dunìa bukan hanya untuk manusia, tetapi juga untuk seluruh ciptaan. Karena itu, sangatlah tepat bila dekorasi nataI yang kita buat di gereia /kapel kita mau mengingatkan hal itu. Sehubungan dengan tujuan ini, Keuskupan Agung Jakarta mau mendorong agar hal itu dibuat di paroki-paroki/stasi dengan menyelenggarakan Iomba pohon natal. 

Tahun ini Iomba memang difokuskan ke pohon supaya bisa Iebih melibatkan umat, khususnya OMK. Untuk itu pula, Iomba memang dialamatkan kepada Panitia Natal di parokì~paroki stasì tetapi dengan harapan bahwa Panitia Natal memberi kesempatan kepada OMK untuk lebih terlibat, dan sekaligus memberi kesadaran tentang Iìngkungan hidup.

Lomba terbuka untuk ­semua paroki/stasi di Keuskupan Agung Jakarta, dan kriteria lomba adalah sebagai berìkut: 
  1. Sebagian besar bahan pohon natal itu berasal dari bahan daur-uIang 
  2. Bahan daur ulang dikumpulkan dari umat seiama masa advent (supaya meìibatkan sebanyak mungkin umat) 
  3. Dalam koordinasi dan pembuatannya dilakukan oleh OMK paroki
  4. Ada pewartaan pesan/nilai teologis yang baru, disesuaikan deńgan permasalahan Iingkungan hidup di Jakarta dan sekitarnya 
  5. Kreativìtas dan keindahannya 
Lomba ini akan dìnilai berdasar foto dan kIip singkat tentang proses pembuatan pohon natal tadi dan hasil akhirnya yang diterima oleh panitia, termasuk kotbah/renungan dari pastor, 
  • Foto-foto (dengan resolusi sedang saja), cukup buah, yang menceritakan seiuruh proses pembuatan dan hasìlnya, dikirimkan melaiui email ke pohon-natal-kaj@gmail.com dan di-cc ke pemukat@gmail.com dengan subject "Foto Pohon Natal Paroki..." 
  • Klip (durasi ant'ara 8-10 menìt) díupload ke Youtube dengan judul “Dekorasi Natal Daur Ulang 2013 Paroki ...” Ialu link dikírim ke kedua alamat email di atas
  • Foto dank lip dímasukkan dalam flashdisk dan dikìrim ke Panitìa Lomba Pohon Natal KA] 2013 dengan alamat kantor Pemìkat, Gedung Karya Pastoral, kompleks Katedral, Jl. Kateclral 7, Jakarta paling lambat 31 Desember 2013.  

Panitia akan memiliah sepuluh nominee, tetapi hanya ada tiga pemenang yang berhak mendapatkan trophy Bpk. Uskup plus hadiah uang. Juara pertama Rp 7.500.000,­, juara Il Rp 5.000.000,­ dan juara Ill Rp 2.500.000,­. Tujuh peserta Iain yang m_asuk nominasi akan mendapat sertifikat. Dalam hal ini, keputusan tídak bisa diganggu-gugat. 

Khusus untuk klip, Panitia akan menyecliakan hadiah favorit sebesar Rp 2.500.000,- clengan kriteria kreativifcas isi klip tentang pembuatan pohon natal dan sumbangannya dalam penyadaran kepedulian Iingkungan hidup. Juara favorit antara Iain akan diperhitungkan dari (1) jumlah 'likes'­nya, (2) jumiah dan kualitas komentar atas klip, dan (3) penilaian yuri. 

Demikianlah pengumuman kami, dan paroki stasi yang íngin berpartisipasi bisa mendaftarkan terlebih dahulu kepada panitia melaluì email pemukat@gmail.com tanpa dipungut bíaya. Jika ada pertanyaan, mohon diemail ke alamat email yang' telah disebutkan. 

Demikian informasi tentang lomba Pohan Natal bisa dibaca di sumbernya langsung di web KAJ atau silakan KLIK DISINI !


Previous
Next Post »