Pertemuan Komuni Pertama 2014



Tidak terasa pelaksanaan pelajaran untuk anak-anak yang akan menerima komuni pertama untuk tahun ini kembali diadakan lagi di Gereja Santo Albertus, Stasi Harapan Indah Bekasi.
Acara pertemuan pertama ini diadakan pada hari Minggu, 12 Januari 2014 yang dimulai pada pukul 10.00 WIB. Acara ini diawali dengan doa pembuka dan dilanjutkan dengan pengarahan langsung dari Rm. Antonius Padua Ebo Resi, SVD.


Dalam pengarahannya Romo Anton berpesan agar anak-anak selalu berkumpul untuk berdoa dalam “komunio” yang berarti perkumpulan atau persekutuan karena menerima Sakramen Baptis. Anak-anak ditanya bagaimana sikap kita dan apa yang kita lakukan ketika mau masuk ke dalam Gereja? Ketika masuk Gereja mengambil air suci, membuat tanda salib dan ketika mau duduk berlutut terlebih dahulu.
Karena didalam gereja terdapat Tabernakel yaitu tempat Tuhan tinggal dan bersemayam yang harus kita hormati. Maka kita harus menghormati dengan cara tidak membuat keributan di dalam Gereja dan harus bersikap sopan.


Sebelum menyambut komuni, anak-anak nantinya juga diwajibkan mengaku dosa atau menyucikan diri dengan sungguh-sungguh bukan hanya di mulut saja. Pengarahan dilanjutkan dengan panduan cara pengisian buku absensi dan buku pegangan. Pertemuan ini dihadiri oleh 140 orang anak yang terdiri dari :
  • 50 orang anak dari Sekolah Cahaya Harapan
  • 18 orang anak dari John Paul School
  • 9 orang anak dari Sekolah Tunas Harapan
  • 6 orang anak dari Sekolah Alodia
  • 57 orang anak dari Sekolah Umum lainnya
Untuk selanjutnya anak-anak yang dari Sekolah Umum akan mengikuti pelajaran komuni pertama di Gereja setiap hari Minggu Pukul 14.00 WIB dan untuk yang dari Sekolah yang sudah ditujuk oleh Stasi penyelenggaraan pelajaranya disesuai dengan jadwal dari sekolah masing-masing.

Stephanie Mie Na – Sie Katekese
Previous
Next Post »