Teladan dan Penyertaan Santo Arcadius, Pelindung Wilayah

Hari minggu, 12 Januari 2014 yang lalu menjadi hari yang penuh arti bagi wilayah St. Arcadius. Hujan deras dan bahkan banjir di sebagian besar area Harapan Indah tak menyurutkan semangat umat untuk tetap hadir dalam perayaan syukur peringatan martir Santo Arcadius yang menjadi pelindung wilayah ini. Pastor Yoseph Jaga Dawan, SVD, Pastor Antonius Padua Ebo Resi, SVD, serta Suster Lydia, KYM dan Suster Yasinta, CIJ pun turut serta hadir dan mengucap syukur bersama.


Wilayah Arcadius disebut – sebut sebagai wilayah tertua atau yang pertama ada di Stasi St. Albertus Agung, jauh sebelum bangunan Gereja didirikan dan Ekaristi Kudus masih dirayakan di rumah ataupun ruko tempat tinggal umat Katolik setempat. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan situasi di Stasi ini, wilayah yang dibentuk pun semakin banyak. Begitu juga wilayah St. Arcadius yang akhirnya terpecah sekian kali menjadi beberapa wilayah, juga mengalami penambahan area sehingga saat ini tersisalah 6 lingkungan yang ada di wilayah ini.


Meski telah sekian lama menyandang nama Santo Arcadius sebagai orang kudus pelindung wilayah, namun tak banyak umat tahu siapa itu Santo Arcadius dan seperti apa teladan Imannya. Maka dalam ibadat syukur kemarin, dibacakanlah riwayat kemartiran Santo Arcadius sebelum Pastor Yoseph yang memimpin ibadat malam itu menyampaikan homili tentang betapa hebatnya Santo Arcadius yang dengan begitu berani dan tulus, rela mengorbankan dirinya hingga mati secara tragis demi Imannya kepada Tuhan. Pastur pun mengapresiasi perayaan pesta nama orang kudus pelindung wilayah yang baru pertama kali diadakan di Stasi St. Albertus Agung ini. Dengan diadakannya peringatan bagi para martir ini setiap tahunnya, diharapkan agar umat dapat  semakin mengenal, menyadari, serta meneladani para orang kudus yang selama ini senantiasa menyertai umat Tuhan dengan berkat doa dan perlindungan.


Seusai ibadat, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Dewan Stasi, Pastor Yoseph selaku Pastor Kepala Paroki, serta Bapak Yulius Cik Wi yang adalah Koordinator Wilayah Arcadius. Ucapan terima kasih dan selamat pun diungkapkan bagi seluruh umat wilayah Arcadius serta para Ketua Lingkungan yang telah berusaha sepenuh hati untuk mengadakan acara ini meski dalam waktu yang cukup singkat. Acara sederhana ini ditutup dengan makan malam bersama dan hiburan musik dari teman – teman PDOMKK Lumen Dei.  Menu hidangan malam itu disiapkan khusus dari masing-masing lingkungan loh! Puji Tuhan acara ini berjalan dengan lancar dan sukses. 

Yesi – OMK St. Arcadius
Previous
Next Post »