MEMILIH YANG UTAMA




















MEMILIH YANG UTAMA (Mrk 6:7-13)

Ketika membaca persyaratan yang diminta Yesus kepada para rasul untuk tidak repot dengan banyak barang, ada banyak pertanyaan yang muncul. Salah satunya adalah apakah mungkin dalam dunia saat ini kita masih bisa memenuhi tuntutan Yesus? Kita bisa dan harus berjuang untuk setia pada tuntutan Yesus. Dengan melarang para rasul untuk tidak repot dengan banyak barang, Yesus ingin mengajak para rasul untuk membedakan mana yang utama dan mana yang tambahan.

Yang utama adalah mengikuti Yesus dan tugas perutusan-Nya. Mereka harus memusatkan perhatian pada tugas utama itu. Tuntutan ini juga dibebankan kepada kita. Yang paling utama adalah menghayati iman akan Yesus dan mau ambil bagian dalam perutusan-Nya membawa keselamatan dan saluran berkat bagi  orang lain. Sarana-sarana lain adalah pendukung hidup beriman kita.

Panggilan kita untuk mengikuti Yesus tidak boleh ditentukan atau diukur dengan sarana pelengkap dan pendukung. Jika orang jatuh pada pernak-pernik, maka hidup beriman itu hanyalah bersifat lahiriah. Tidak ada kedalaman hidup di dalamnya. Jika hal yang menguasai hidup beriman kita, kita memasukkan diri dalam pertentangan sebab selera setiap orang berbeda-beda. Pengalaman hidup bersama dalam hidup menggereja sering membuktikan hal itu.

Salam Kasih Dalam Sang Sabda.

P. Yonas Hunu, SVD
(Quezon City, 6 Februari 2014)
Previous
Next Post »