MEMUSNAHKAN DENDAM


















MEMUSNAHKAN DENDAM (Mrk 6:14-29)

Dendam itu mematikan banyak hal. Ia mematikan relasi dengan sesama dan mematikan cara pikir positif. Tak jarang orang nekat memusnahkan sesamanya karena dendam. Dendam Herodias kepada Yohanes Pembaptis yang berakhir kematian adalah adalah salah satu contohnya. Sejak ditegur oleh Yohanes, Herodias sakit hati dan menaruh dendam kepadanya.

Yohanes adalah musuh yang harus dimusnahkan. Itulah wajah buruk orang yang terjangkit "virus" dendam. Ia selalu hidup dalam suasana tegang dengan orang lain dan selalu berpikir negatif. Ia akan selalu berusaha untuk mencari-cari kesalahan orang lain dan menghakiminya dengan bangga. Tak hanya itu. Ia bahkan mengharapkan hal-hal yang buruk terjadi atas musuhnya itu.

Yesus tidak mengajarkan dendam. Ia mengajarkan kasih kepada semua orang termasuk orang-orang yang tidak kita sukai. Kebenaran ajaran Yesus ini tidak boleh kita samarkan meski terasa berat. Dunia kita akan terasa layak untuk dihuni bila ada pengampunan dan damai. Tanpa pengampunan dan damai, hidup kita bersama orang lain tak lebih dari ajang saling menghakimi.
"Jika anda selalu menghakimi orang lain, kamu tidak ada waktu untuk mencintai mereka."
(Mother Teresa).

Salam Kasih Dalam Sang Sabda.

P. Yonas Hunu, SVD
(Quezon City, 7 Februari 2014)
Previous
Next Post »