Duka Menjadi Awal Sebuah Harapan

Hari senin, 3 Maret 2014 yang lalu menjadi saat mengejutkan bagi kami teman - teman OMK, juga sebagian besar umat di Stasi St. Albertus. Sore itu kami mendapat kabar bahwa Bapak FX. Eddy Santoso dipanggil Bapa di Surga sekitar pukul 14.37 WIB di sebuah Rumah Sakit di daerah Karawang.

 

Bapak Eddy Santoso adalah ayah dari sahabat kami, Surya, Christian, Hendra, dan Dewi. Surya dipercaya menjadi ketua OMK di wilayah St. Arcadius, dan telah menjadi bagian dari keluarga OMK di Stasi St. Albertus sejak lama. Meski tak banyak dari kami yang mengenal sosok ayah dari 4 bersaudara ini, namun kami tahu bahwa beliau adalah seorang ayah yang hebat, karena beliau telah menjadi orang tua tunggal dari anak-anaknya selama kurang lebih 5 tahun. Ibu Lilis, ibu dari Surya dan ketiga saudaranya ini pun dahulu dikenal baik oleh umat di Stasi St. Albertus – Harapan Indah.

 
Maka pada hari Rabu, 4 Maret 2014 kemarin, kami dari teman-teman OMK, serta sebagian besar bapak ibu dari wilayah St. Arcadius dan sekitarnya hadir ke Rumah Duka Gatot Subroto di Jakarta Pusat untuk berbelasungkawa dengan ikut serta dalam Misa Requiem pukul 19.00 WIB yang dipimpin oleh Romo Sarto, SVD. Dalam homilinya, Romo mengatakan bahwa kematian bukan akhir dari segalanya, kematian justru merupakan sebuah peralihan dari hidup yang hanya sementara di dunia ini ke dalam hidup yang kekal di Surga. Maka kita hendaknya selalu mempersiapkan dan menyadari diri dengan hidup baik dan benar di dunia ini.
 


 
Jenazah Bapak FX. Eddy Santoso dimakamkan di TPU Pondok Rangon keesokan harinya, Kamis, 5 Maret 2014. Kami segenap keluarga besar umat di Stasi St. Albertus, khususnya para OMK menghaturkan belasungkawa dan turut menghantarkan doa bagi Bapak Eddy Santoso, semoga beliau mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan dan kelak turut berbahagia dalam kehidupan kekal di Surga. Dan semoga Surya, saudara-saudari, serta keluarga yang ditinggalkan mendapat kekuatan, ketabahan, juga harapan baru untuk menjalani kehidupan yang lebih baik lagi setelah ini. Percayalah bahwa duka adalah awal dari sebuah harapan baru, karena Tuhan telah menyiapkan rancangan-rancangan terbaik-Nya yang akan selalu menjadi indah pada waktu yang tepat. Amin

OMK St. Albertus – OMK St. Arcadius

Previous
Next Post »