Memilih Dengan Cerdas Menurut Hati Nurani

Sebagai orang katolik dan warga negara yang baik, hendaknya kita turut serta berperan serta dalam pesta demokrasi di Negara kita ini. Berangkat dari hal tersebut, maka Sie HAAK dan Komsos Stasi Harapan Indah menyelenggarakan “Temu Caleg”. Kebetulan di Paroki Kranji – St. Mikael terdapat 4 orang caleg dan 3 diantaranya dari Stasi Harapan Indah. Dari Stasi Harapan Indah tampil 3 putri yang mencalonkan diri sebagai caleg. Laksamana Muda (Purn) Christina M.Rantetana, SKM, MPH, Fransiska R. Hartini dan Murfati Lidianto. Sementara dari Paroki Kranji di luar stasi Harapan Indah ada 1 caleg yaitu Reynold Tambunan, S.E. Dalam kesempatan ini Ibu Christina M. Rantetana tidak bisa hadir dalam acara ini karena harus menghadiri acara yang sama di gereja lain. Namun demikian, beliau mengirimkan surat resmi yang dibacakan oleh Bapak Supriyadi sebagai salah satu tim dari Sie HAAK.
 

Acara yang diselenggarakan seusai misa kedua hari Minggu, 2 Maret 2014 ini dihadiri kurang lebih 120 orang. Dewan Stasi Harian beserta jajarannya nampak hadir. Narasumber dalam acara ini adalah Bapak Tommi A. Legowo dari Kerasulan Awam KWI yang merupakan pendiri dan peneliti senior Forum Masyarakat Peduli Parlemen Independen (FORMAPPI). Doa pembuka dilanjutkan sambutan dari Sie HAAK yang dibawakan oleh Bapak Cosmas Yudi membuka acara ini sementara Ibu Rita Sarosa sebagai MC dalam acara ini dengan piawai mengendalikan rangkain acara demi acara dengan baik. Romo Yoseph Jaga Dawan, SVD sebagai Pastur Kepala Paroki Kranji – St. Mikael juga memberikan sambutan. Beliau menekankan pentingnya pembelajaran politik kepada umat yang notabene juga adalah warga negara untuk lebih terlibat secara aktif dalam kegiatan berbangsa dan bernegara khususnya pada pesta demokrasi yaitu Pemilu yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 April 2014 yang akan datang.


Kesempatan selanjutnya masing-masing caleg diberikan waktu untuk menyampaikan perkenalan dan visi misinya kepada hadirin yang hadir di aula gereja St. Albertus Agung. Antusiasme peserta cukup bagus dengan beberapa pertanyaan kritis yang dilontarkan kepada para caleg. Masalah banjir pun sempat diangkat dalam kesempatan ini dan ibu Murfati berkesempatan menjelaskan bahwa para caleg turut terlibat dan membantu proses pengajuan pengembang kawasan Harapan Indah untuk diperbolehkan mengalirkan air dari wilayah Harapan Indah ke Banjir Kanal Timur. Bapak Tommi A. Legowo selanjutnya memberikan pencerahan tentang seputar pemilu dan tanya jawab yang sungguh-sungguh memberikan pemahaman yang bermanfaat agar kita sebagai umat katolik tidak bingung dalam memilih dan yang terpenting adalah jangan golput.
 


Acara yang bertema “Memilih dengan cerdas menurut hati nurani” ini pun ditutup dengan makan siang bersama sambil beramah tamah baik antarpeserta maupun dengan para caleg. Semoga dengan pencerahan ini kita semakin paham dan mengerti bahwa dengan ikut terlibat dalam pesta demokrasi negeri ini merupakan salah satu sikap orang katolik yang baik. Pesan terakhir: JANGAN GOLPUT!

By Wahyu – Lingk Yohanes 3, Photo by Detta, Lini, Riski - ALTO Club

Previous
Next Post »