Seminar Anti Narkoba

Siang itu terik matahari cukup menyengat, tapi tak menyurutkan semangat kami para Orang Muda Katolik (OMK) St. Albertus untuk mengikuti kegiatan bermanfaat ini. Hari Minggu 16 Maret 2014 kemarin, telah terselenggara Seminar YES, I CAN WITH JESUS "Menjadi Remaja Tangguh Tanpa Narkoba dan Pergaulan Bebas" di Gereja St. Albertus Agung - Harapan Indah seusai misa kedua.



Acara ini diadakan oleh Wilayah Andreas yang dipercaya menjadi Panitia Paskah tahun ini bersama Sie. PSE St. Albertus Agung. Bapak Siwi selaku ketua panitia Paskah 2014 yang juga adalah ketua wilayah St. Andreas menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya terhadap kami Orang Muda Katolik, juga sebagian orang tua yang hadir dalam seminar ini, baik ketua lingkungan, koordinator wilayah, ketua seksi, bahkan perwakilan bapak ibu dari dewan stasi St. Albertus Agung dan umat dewasa lainnya. Berbagai kegiatan yang diadakan dalam rangka menjalankan Aksi Nyata Paskah (ANP) tahun ini diharapkan dapat menggerakkan hati setiap umat beriman untuk benar-benar mempersiapkan diri untuk menyambut Kebangkitan Tuhan di hari Paskah nanti.

Sesi Pertama seminar dibawakan Romo Heru Kurniawan, SVD dengan sangat atraktif. Bahasan mengenai Pergaulan Bebas yang disampaikan Romo Heru dengan candaan dan gaya anak muda berulang kali membuat kami tertawa terbahak-bahak. Pada intinya kita sebagai anak muda yang beriman diajarkan untuk menjaga diri dari segala jenis pergaulan bebas. Seperti sabda Tuhan yang mengatakan bahwa tubuh kita adalah Bait Allah, maka sudah sepantasnya kita menjaga kesucian dan kemurnian diri kita agar jangan sampai Bait Allah itu dirusak oleh berbagai macam pengaruh jahat.
 
 

Sesi kedua dibawakan oleh Kak Petrus Sumardiono dari Komunitas Santo Petrus KAJ. Meski agak terlambat datang, tapi pembahasan menyeluruh tentang Narkoba disampaikannya dengan gambar - gambar dan gerakan yang menarik, sehingga para peserta seminar dapat dengan mudah mengingat dan mengerti maksud dari info-info yang disampaikan. Seperti yang sudah kita semua tahu, Narkoba adalah barang yang sangat berbahaya dan tidak layak untuk dikonsumsi, maka jangan sampai kita sebagai Orang Muda Katolik yang menjadi harapan Gereja dan Bangsa terjerat dalam pemakaian obat-obatan terlarang ini.

Setelah memahami berbagai jenis dan bentuk narkoba, juga tahu bahwa pergaulan bebas itu merugikan masa depan kita dan orang lain, ada baiknya kita sebagai Orang Muda Katolik sungguh-sungguh memanfaatkan waktu muda kita dengan berbagai macam kegiatan yang bermanfaat, baik dalam pendidikan kita di sekolah atau kampus, atau terutama dalam pelayanan di Gereja maupun masyarakat. Karena dengan menyibukkan diri dalam hal yang positif, maka hal-hal negatif pun akan berkurang dengan sendirinya, dengan memilih bergaul dengan orang - orang yang baik dan benar, kita pun dapat ikut belajar menjadi lebih baik dan benar pula.

Para orang tua pun dihimbau untuk menanamkan pemikiran yang baik terhadap anak-anaknya sejak dini, karena keluarga adalah tempat utama dimana seorang anak belajar untuk mengembangkan jati dirinya. Apabila para orang tua dapat sungguh peduli terhadap perlembangan anak-anak muda, maka pengaruh negatif yang sering muncul di jaman modern ini bisa berkurang, karena setiap orang dapat menggunakan perkembangan teknologi canggih dengan baik dan benar semaksimal mungkin.

Semoga di lain waktu, seminar semacam ini dapat diadakan kembali untuk menambah wawasan dan membuka pandangan umat akan kehidupan yang lebih berkenan di hadapan Tuhan. Amin.

Yesi - OMK St. Albertus
Previous
Next Post »