Aksi Nyata Wilayah Fransiskus Xaverius

Dengan semangat “Makin beriman, makin bersaudara, dan makin berbelarasa”, maka Wilayah St. Fransiskus Xaverius yang merupakan Panitia Paskah 2013, merealisasikan aksi nyata kepada masyarakat di Desa Setia Asih, Dusun Pulo Kendal dengan mendirikan sarana MCK (mandi cuci kakus). Di bawah koordinasi dari Bp. Hartaman, selaku Koordinator Wilayah St. Fransiskus Xaverius dan Ketua Panitia Paskah 2013, panitia sepakat memilih desa ini sebagai tujuan aksi nyata setelah melalui berbagai pertimbangan di mana desa ini berada di wilayah St. Alfonsus. Realisasi aksi nyata ini bekerjasama dengan umat Wilayah St. Alfonsus yang dikoordinir oleh Bp. Sutikno, OMK Wilayah Fransiskus Xaverius serta masyarakat sekitar yang sangat antusias dan berterimakasih atas kegiatan ini.


Waktu pembangunan MCK memang cukup agak lama, di mana peletakkan batu pertama dilakukan oleh Romo Yonas SVD pada 12 Oktober 2013 dan selesai pada bulan Maret 2014. Peresmian MCK ini diadakan pada tanggal 8 Maret 2014 oleh Romo Yoseph Jaga Dawan, SVD dengan disaksikan oleh Bp. Bambang Sumantri dan Bp. V. Diaz sebagai perwakilan Dewan Stasi St. Albertus, Kepala Humas Polsek Bekasi Utara, Kepala Dusun Tegal dan warga RW setempat. Secara simbolik Romo Yoseph memotong pita dan menyerahkan kunci MCK kepada kepala Dusun Tegal sebagai tanda diresmikannya sarana MCK dan penggunaannya.  

      

Dalam sambutannya Romo Yoseph mengatakan, “Hendaknya kita saling mempererat persaudaraan meskipun kita berbeda dan janganlah perbedaan itu menjadikan jurang pemisah bagi kita  dalam berbagi kasih”. Walaupun saat itu udara terasa panas seakan mengalahkan kegembiraan masyarakat Dusun Kendal dengan hadirnya sarana baru yang lebih nyaman yaitu bangunan MCK. Ada empat pintu untuk kakus, 1,5 m x 1,5m untuk cuci dan pompa air untuk mengisi bak penampungan air.

 
Kepala Dusun Tegal berpesan , “Semoga MCK yang sudah dibangun ini dapat dipergunakan dengan baik dan dapat menjadi awal dari jalinan persaudaraan dengan umat beragama lain”. 
Bapak Hartaman juga sangat berterimakasih kepada warga yang telah merelakan tanahnya untuk digunakan dalam pembuatan sarana MCK dan kepada semua pihak yang telah ikut ambil bagian dalam aksi nyata wilayah FX.

Proficiat Wilayah Fransiskus Xaverius, teruslah melayani!

Fransiska Sandra - Petrus Urspon




Previous
Next Post »