iklan banner

ALTO Selalu Mengasah Diri Untuk Melayani

Setelah sempat tertunda 3 bulan karena cuaca yang kurang bersahabat, maka akhirnya pada Minggu pagi 6 April 2014 yang lalu, rombongan Team fotografer yang bergabung dalam ALTO Club Stasi Albertus, melaksanakan kegiatan hunting foto ke Curug Nangka Ciapus Bogor. Kegiatan hunting yang berjalan rutin setiap bulan ini, dilaksanakan pengurus ALTO guna menambah wawasan dan materi fotografi untuk para anggotanya. Acara ini diikuti oleh sedikitnya 17 anggota ALTO baik yang berusia remaja maupun dewasa. Dan uniknya, acara ALTO ini selalu melibatkan juga anggota keluarga yang boleh bergabung dari segala lapisan usia. Maka akhirnya, terkumpullah sejumlah 30 orang yang tergabung dalam rombongan ALTO pagi itu.

Berkumpul sejak jam 05.00 di TISANO STUDIO (HI blok BB 10), satu per satu anggota melakukan registrasi ulang dan membayar Rp. 60,000 untuk member ALTO dan Rp. 100,000 untuk non member. Akhirnya tepat jam 05.45, setelah dibuka dengan doa bersama oleh Koordinator KOMSOS Stasi St. Albertus, rombongan mulai meninggalkan TISANO menuju lokasi hunting, yang kali ini mengambil tempat di Curug Nangka, Ciapus, Bogor.

Jalanan yang masih lengang Minggu pagi itu, memudahkan rombongan memacu kendaraannya memasuki Tol Lingkar Luar yang menghubungkan jalan raya Bekasi dan Tol Jagorawi. Baru kemudian setelah memasuki Tol Jagorawi, jalanan mulai dipadati kendaraan yg didominasi oleh plat nomor B yang akan menuju Bogor - Puncak - dan sekitarnya. Setelah sempat rehat di Rest Area Sentul, akhirnya rombongan meneruskan perjalanan menuju Bogor.

Kesejukan kota Bogor yang akrab disebut Kota Hujan menyapa kami di Minggu pagi itu. Dan Puji Tuhan, cuaca cukup cerah saat itu. Setelah melewati Tugu Kujang, rombongan yang terbagi dalam 6 mobil itu mulai terpisah pisah disebabkan padatnya jalanan karena angkutan umum yang parkir sembarangan dan ramainya pasar di depan KRB. Akhirnya setelah melalui perjuangan melalui beberapa jalanan beraspal yang rusak, maka pada pukul 08.30 sampailah kami di gerbang Curug Nangka dan kami yang sudah tidak sabar untuk hunting, terlihat antusias dengan langsung menyandang tripod dan kamera di bahu dan leher kami masing masing.

Tema hunting yang diusung pengurus kali ini adalah "Memotret Air Terjun dengan Menggunakan Slow Speed dan Filter ND".1 Setelah briefing singkat oleh Koordinator Lapangan ALTO tentang materi hunting, maka rombongan huntingpun dibagi menjadi 2 kelompok, yang masing masing kelompoknya dipimpin oleh anggota ALTO yang sudah menguasai materi hunting tersebut. Kamipun diwajibkan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dimana kami akan melaksanakan hunting nanti. Keceriaan dan semangat para anggota ALTO terlihat dari wajah wajah kami yang sudah tidak sabar menuju lokasi pemotretan. Jalan setapak yang berbatu dan licin, dan bahkan ada beberapa track (rute) yang mengharuskan kami berjalan di dalam air, tidak menyurutkan semangat kami pagi itu, walaupun dengan beban yang cukup susah, karena membawa tas kamera dan tripod yang tidak ringan. Akhirnya setelah berjalan kurang lebih 200 meter, sampailah kami di lokasi pemotretan pertama. Dan kamipun membongkar perlengkapan dan mulai mengambil angle (sudut) pemotretan yang pas menurut kami. Lokasi yang cukup ramai oleh para pendatang, sedikit menyulitkan kami mengambil angle yang pas, tetapi berkat kesabaran dan bimbingan dari koordinator kelompok, kami pun berhasil mengambil foto demi foto di lokasi tersebut, baik dari angle bawah (low level), maupun dr eye level (sejajar dengan mata). Tehnik tehnik yang sudah kami dapatkan dari workshop ALTO sebelumnya, coba kami terapkan dalam pengambilan foto di lokasi ini, seperti : setting ISO yang pas dengan cahaya saat itu, setting diafragma maupun setting Speed yang pas agar dihasilkan efek air terjun seperti yang diinginkan.

Setelah kurang lebih 1 jam berada di lokasi pertama, kami menuju ke lokasi ke 2 dengan bertukar dengan kelompok yang lain. Untuk menuju ke lokasi ke 2 ini, jalan setapak berbatu sudah menghadang di depan kami untuk kami lalui. Puji Tuhan, tidak ada hambatan berarti buat kami, dan akhirnya 15 menit kemudian, sampailah kami di lokasi kedua. Di lokasi kedua ini, sebagian dari kamipun menyempatkan untuk berenang karena tidak tahan dengan segarnya godaan air terjun yang ada lokasi itu. Dan bagi anggota ALTO yang membawa anggota keluarganya ke lokasi itu, juga larut dalam keceriaan bersama anggota ALTO lainnya. Memang selain menawarkan pemandangan alam yang indah untuk dijadikan obyek foto, Curug Nangka ini juga banyak diminati oleh para wisatawan sebagai tempat alternatif wisata keluarga karena tempatnya yang indah dan hawanya yang sejuk, sehingga ideal menjadi pilihan tempat wisata.

Jam 11.30 kita mengakhiri acara hunting ini, dan kita berkumpul disalah satu warung makan yang sudah kita pilih untuk kita jadikan basecamp kita selama acara berlangsung. Perut yang sudah lapar membuat menu nasi goreng yang sudah disiapkan menjadi sangat istimewa siang itu. Akhirnya, tepat pukul 13.00, kami mengakhiri acara hunting ini. Dan setelah berfoto bersama di lokasi parkir, satu per satu mobil kami meninggalkan Curug Nangka yang sudah menorehkan kenangan indah kami di tempat itu . Dan Puji Tuhan, setelah melewati kemacetan selama perjalanan pulang, pada jam 17.00, kamipun sampai dengan selamat di Harapan Indah Bekasi. Demikian sedikit yang bisa kami ceritakan dalam acara Hunting ALTO 6 April 2014 yang lalu. Semoga materi yang telah kami dapat di hunting ini bisa menambah wawasan fotografi kami, yang akhirnya boleh kami gunakan untuk semakin melayaniMu Tuhan. AMIN.

1. Slow Speed : salah satu tehnik dalam fotografi yang digunakan untuk menghasilkan foto air sehalus kapas. Untuk penggunaan slow speed ini, wajib menggunakan tripod untuk menghindari gambar yang goyang.
Filter ND : filter yang digunakan oleh para fotografer untuk membatasi cahaya yang masuk ke dalam kamera. Sehingga kamera bisa digunakan untuk efek slow speed dan cahaya yang masuk ke kamera pun tidak berlimpah (over exposure)

Untuk umat yang berminat dengan fotografi dan ingin bergabung dengan ALTO dapat menghubungi : Arief (08159150097) dan Januar (021-94596597)
text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar