Pembaruan Total


 
 
 
 
 
 
 
 
 
PEMBARUAN TOTAL (Yoh 3:1-8)
Bahasa yang populer di telinga kita sejak zaman keruntuhan orde baru adalah reformasi. Banyak hal usang dan salah diperbarui dan diganti dengan yang baru. Dalam hidup beriman, kita mengenal istilah pembaruan hidup rohani.
Yesus dan Nikodemus berdiskusi tentang kelahiran baru. Pada awalnya Nikodemus berpikir tentang kelahiran manusia jasmani. Yesus mengajaknya berbicara tentang kelahiran manusia rohani. Setiap orang harus dilahirkan kembali dari air dan Roh Kudus agar layak melihat Kerjaan Allah. Air menyucikan hidup manusia yang kotor. Roh Kudus memberi kekuatan agar manusia bertumbuh secara baru. Lahir secara baru berarti menempatkan kembali hati, pikiran, perasaan, perkataan dan perbuatan pada tempat yang benar dengan bertobat terus-menerus.
Lahir baru berarti berani meninggalkan jalan kefasikan dan mempercayakan diri kepada Roh Kudus yang menuntun kita kembali pada jalan Allah. Nikodemus bingung bagaimana seorang yang sudah dewasa bisa dilahirkan lagi? Orang yang sudah dewasa malah harus lahir secara baru terus-menerus. Sebab orang dewasa lebih banyak tahu dunia dengan segala godaannya.
Salam Kasih Dalam Sang Sabda.
P. Yonas, SVD (QC, 28/4/14)
Previous
Next Post »