Aku Ini. Jangan Takut

 
AKU INI. JANGAN TAKUT (Yoh 6:16-21)
 
Tiada laut tak bergelombang; tiada hidup yang mulus-mulus saja. Setiap orang memiliki tantangan, kesulitan dan persoalannya tersendiri. Para murid Yesus menghadapi masalah angin ribut. Mereka panik dan takut perahu mereka tenggelam. Terasa agak aneh karena mereka adalah nelayan yang seharusnya tahu bagaimana cara mengemudikan perahu kala diterpa angin.
 
Itulah keterbatasan manusia. Sehebat-hebatnya orang, ada saat di mana ia merasa sudah tidak mampu lagi melanjutkan perjalanan. Syukur dalam rasa takut itu mereka masih melihat Yesus datang mendekati mereka dengan berjalan di atas air. Ia meneguhkan iman mereka agar selalu percaya kepada-Nya dengan berkata "Aku ini. Jangan takut" (Yoh 6:20).
 
Dalam Kitab Suci, frasa "Jangan takut, jangan gelisah, jangan gentar" tercatat sebanyak 365 kali, sama dengan jumlah hari dalam setahun. Hal ini berarti setiap hari selalu ada kesulitan mulai dari yang kecil dan ringan sampai yang besar dan memusingkan kepala. Tetapi Tuhan selalu hadir dalam kesulitan 365 hari itu dan menolong. Mata orang beriman adalah mata yang masih melihat Tuhan yang selalu hadir dan datang menolong ketika kita dalam kesulitan.
 
Salam Kasih Dalam Sang Sabda.
 
P. Yonas, SVD (QC, 3/5/14)

Previous
Next Post »