Rekoleksi Keluarga & Paskah Lingkungan Petrus 3

Sukacita kebangkitan Kristus menjadi semangat yang menggerakkan sekitar 75 umat Lingkungan Petrus 3 Stasi St. Albertus – Harapan Indah bergerak menuju Taman Rekreasi Wiladatika – Cibubur, tidak hanya orang tua anak-anak dan OMK pun sangat antusias untuk mengikuti Rekoleksi Keluarga dan Paskah lingkungan ini. Sejak jam 06.30 umat Petrus 3 sudah berkumpul di sekitar Blok P & Q  Perumahan Taman Harapan Baru, sekitar jam 07.15 WIB rombongan yang terdiri dari 16 kendaraan ini bergerak konvoi menuju Cibubur.



Acara Rekoleksi yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 03 Mei 2014 ini didahului dengan ibadat oleh Bapak Suharno selaku Prodiakon tepat pukul 09.00 WIB. Dalam homili singkatnya Bapak Suharno menekankan akan pentingnya pelayanan yang dimulai dari lingkup terkecil dulu yaitu keluarga kemudian lingkungan, masyarakat sekitar dan gereja sesuai dengan tema yang diangkat dalam acara ini yaitu "Mari Bangkit Bersama Kristus Untuk Melayani". Di dalam ibadat ini juga didaraskan doa Rosario yang dipimpin oleh Ibu Erna yang sekaligus menjadi Doa Rosario lingkungan yang pertama di bulan Maria.



Setelah Acara Ibadat selesai Bapak Rudy Gunawan selaku ketua panitia memberikan kata sambutan yang pertama, kemudian dilanjutkan sambutan oleh Bapak Joko Wibowo selaku Ketua Lingkungan Petrus 3 dan sambutan yang terakhir oleh Koordinator Wilayah Petrus yaitu Bapak Eko Haryanto. Dalam sambutan-sambutan yang disampaikan ditekankan kembali pentingnya melayani sesama sebagai perwujudan cinta kasih kita kepada Allah dan kepada sesama.



Acara yang juga merupakan semangat dari perwujudan aksi nyata prapaskah 2014 ini kemudian dilanjutkan dengan persembahan tari dari anak-anak lingkungan Petrus 3. Suasana bertambah semangat ketika panitia mengajak seluruh peserta untuk mengikuti gerak dan lagu secara serempak. Acara berikut pun tidak kalah seru ketika permainan pertama yaitu mencari 10 perintah Allah, dibagi menjadi 5 kelompok,  peserta nampak sangat antusias mencari gulungan kertas yang termasuk dalam 10 perintah Allah secara bergantian.



Antusiasme permainan berlanjut ke permainan yang kedua, permainan yang masih dalam kelompok ini mengharuskan semua anggota kelompok menyeberangi sungai beracun yang merupakan nama dari permainan ini menggunakan dua buah karung dengan cepat dan tanpa jatuh. Permainan ketiga yang dipandu oleh Ibu Justin sempat membuat frustrasi peserta khususnya dari kelompok bapak-bapak karena harus mengurai keruwetan jabatan tangan semua anggota kelompok, kelompok anak-anak malah berhasil menjadi yang pertama menyelesaikan permainan ini.

Acara Rekoleksi ditutup dengan renungan singkat serta kesimpulan dari permainan-permainan yang telah diikuti peserta, Bapak Romulus menjelaskan bahwa kebersamaan dalam pelayanan sungguh penting agar kehidupan menggereja dapat berbuah bagi sesama. Sebelum makan siang keluarga Bapak Eddy Yuliawan membagi kebahagiaan bersama dengan merayakan ulang tahun puteranya Keneth yang ke-9 di acara ini.


   
Setelah makan siang rupanya anak-anak sudah tidak sabar untuk mencari telur paskah yang sudah disembunyikan panitia, sebanyak 100 butir telur paskah berhasil dikumpulkan oleh anak-anak dengan semangat walaupun panas terik menyengat taman Rumah Jepang tempat telur-telur disembunyikan. Acara Paskah Lingkungan semakin semarak ketika seluruh peserta kompak menari bersama dalam tari KiKa dan ponco-poco disambung dengan persembahan lagu dari para peserta yang diiringi keyboard oleh Bapak Yoseph Leo.

Seluruh rentetan acara berlangsung begitu lancar sehingga tidak terasa waktu berjalan begitu cepat, setelah foto bersama seluruh peserta kembali ke Bekasi tepat pukul 14.30 WIB. Atas berkat Tuhan acara ini dapat berjalan dengan baik, semoga kebangkitan umat lingkungan Petrus 3 di Cibubur ini menjadi kebangkitan bersama untuk melayani sesama. 

Yohanes Joko Wibowo
www.lingkunganpetrus3.blogspot.com
Previous
Next Post »