DIKENAL DARI BUAHNYA


















DIKENAL DARI BUAHNYA (Mat 7:15-20)

Ahok, Plt Gubernur DKI Jakarta dalam "kotbah" Paskah bersama para pegawai Pemprov DKI Jakarta mengatakan, "Saya orang Indonesia yang beriman pada Kristus. Saya tidak akan memilih bapa dan ibu hanya karena memiliki agama yang sama seperti saya. Selama kerjanya benar akan kami pilih." (Kompas online 24/4/2014).

Dalam Injil hari ini, Yesus mengajak para pendengar untuk membedakan nabi palsu dan nabi sejati. Dua kelompok ini hidup bersama-sama dan kadang susah dibedakan. Kita bisa mengenal nabi palsu dan nabi sejati dari kualitas perbuatan mereka atau buah-buahnya. "Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka." (Mat 7:16).

Murid Kristus yang benar-benar beriman pasti menghasilkan perbuatan-perbuatan baik. Orang yang mengaku diri murid Kristus tetapi perbuatannya tidak Kristiani, ia diibaratkan oleh Yesus "seperti domba tetapi sesungguhnya serigala yang buas" (Mat 7:15b). Ia kelihatan baik, tetapi perbuatannya jahat dan sadis.

Yesus mengajar kita untuk memiliki kualitas hidup yang baik. Kolom agama pada tanda-tanda pengenal kita, sama sekali belum menunjukkan kualitas iman apalagi perbuatan baik seseorang. Identitas murid Yesus dapat dikenali orang dari perbuatannya yang baik.

Salam Kasih Dalam Sang Sabda.

P.Yonas, SVD (QC, 25/6/14)
Previous
Next Post »