JIKA ENGKAU INGIN SEMPURNA


















JIKA ENGKAU INGIN SEMPURNA (Mat 19:16-22)

Setiap orang pasti ingin bahagia bahkan setelah mati. Seseorang yang datang kepada Yesus ingin bahagia dalam hidup yang kekal. Ia telah melakukan semua perintah Allah dan semua peraturan agama Yahudi. Tetapi menurut Yesus, semua itu belum cukup baginya untuk memperoleh hidup kekal. Yesus memintanya untuk menjual harta miliknya dan memberikan kepada orang miskin. "Jika engkau ingin sempurna, juallah harta milikmu dan berikan kepada orang miskin, dan engkau akan memperolah harta di surga..." (Mat 19:21).

Yesus memintanya bukan hanya menjalankan kegiatan keagamaan dan taat pada perintah Allah, tetapi juga harus berbelaskasih kepada orang yang menderita. Kesalehan orang sering kita ukur dari rajin atau tidaknya ia berdoa, merayakan Ekaristi dll. Semua itu baik adanya, namun belum cukup. Pertanyaan yang harusnya selalu mengusik kita adalah apa yang akan saya lakukan terhadap orang lain setelah berdoa dan pulang dari Gereja?

Kesempurnaan hidup kristiani mencapai puncaknya dalam sikap hati yang peduli terhadap sesama dan tindakan menolong mereka yang menderita.

Salam Kasih Dalam Sang Sabda.

P. Yonas, SVD (QC, 18/8/14)
Previous
Next Post »