JIKA KAMU MEMPUNYAI IMAN



JIKA KAMU MEMPUNYAI IMAN (Mat 17:14-20)

Yesus menegur para murid karena mereka tidak mampu mengusir setan yang menguasai seorang anak yang sakit ayan. Padahal mereka sudah lama tinggal bersama Yesus. Mereka bertanya kepada Yesus mengapa mereka tidak mampu mengusirnya? "Karena kamu kurang beriman." (Mat 17:20a). Kekuatan setan hanya bisa dikalahkan kalau orang beriman; dalam Injil yang lain, Yesus mengatakan, "Jenis ini hanya dapat diusir kecuali dengan berdoa." (Mrk 9:29).

Tanpa doa, tidak terjadi apa-apa. Kurang beriman membuat seseorang kurang dalam segala-galanya. Ia kurang setia berdoa, kurang berani menaruh harapan dan hidupnya pada Tuhan, kurang yakin terhadap janji dan penyertaan Tuhan yang indah pada waktunya, kurang mensyukuri berkat Tuhan, kurang memiliki daya tahan dalam menghadapi kesulitan, kurang peduli terhadap sesama serta kurang kekuatan dalam melawan kebiasan buruk.

Sebaliknya dengan iman, orang bisa melakukan sesuatu bahkan hal-hal besar karena ada kekuatan yang menopangnya. "Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman...takkan ada yang mustahil bagimu." (Mat 17:20b).

Salam Kasih Dalam Sang Sabda.

P. Yonas, SVD. (QC, 9/8/14)
Previous
Next Post »