Berjuang Masuk Surga

Berjuang Masuk Surga (Lukas 13:22-30)


"Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sempit dan sesak itu!" (Ay.24a) Apakah benar bahwa pintu Surga itu sempit? Sebenarnya pintu Surga itu tidaklah sempit dan sesak bila manusia tidak cenderung berjuang pada menit-menit terakhir. Manusia sering tidak mau pusing dengan urusan Surga dan baru pada saat terakhir (menjadi tua atau menderita penyakit mematikan) baru mulai memperhatikan iman dan agama, lebih tekun dalam berdoa bahkan melakukan amal kasih kepada sesama sebagai modal tuk masuk Surga.
 
Memang tidak baik bila kita mempersalahkan mereka karena bagi Tuhan tidak ada kata terlambat untuk mendapatkan rahmatNya, yang jauh melampaui keterbatasan dan kelemahan kita. Tetapi perlu juga kita menyadari secara sungguh apa sebenarnya pesan dari perkataan Yesus dalam injil hari ini.
 
Bahwa untuk beroleh keselamatan, seorang beriman, pertama-tama: Harus Berusaha Untuk Masuk! Di mana keselamatan itu hanya punya satu pintu yakni Yesus sendiri! (Yoh 10:9). Oleh karena itu segala jalan, petuah, nasehat dan ajaran Yesus harus kita turuti secara konsisten.Yang Kedua: Kita harus mampu setia dalam iman akan Yesus (Kol 2:6-7). Dan yang Ketiga: kita harus mampu mempertahankan iman akan Kristus sampai mati (Luk 21:19).

Nah, kita semua pasti punya pengalaman yang menantang dan mengancam dengan segala penderitaan dan beban hidup yang kita alami. Apakah kita mampu melewati itu semua dengan tetap berada setia di jalan Kristus?
 
Salam Dalam Sang Sabda.
P. Anton, SVD

Previous
Next Post »