Siap Menghadap Tuhan

Siap Menghadap Tuhan (Lukas 12: 35-38)

"Hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap menyala! (dalam menantikan Tuhan)" Arti lain dari ajakan Yesus ini adalah: hendaklah kita selalu berada dalam keadaan siap menanti datangnya Tuhan. Pertanyaannya: Apakah yang harus kita persiapkan untuk itu?

Yang pertama; tentunya hati yang bersih dan pantas, jauh dari beban dosa. Kalau berdosa, hendaknya membersihkan diri terlebih dahulu dengan pengakuan dosa.

Yang kedua; Berdoalah selalu. Dengan berdoa kita membuat diri berada di dalam keadaan rahmat. Kita berdoa tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk sesama. Baik yang masih hidup, maupun yang telah meninggal. Khususnya bagi jiwa-jiwa yang berada di Api Penyucian.

Dan yang ketiga: Senantiasalah berbuat baik dan benar. Namun, segala yang baik itu belum tentu benar, sedangkan yang benar, sudah tentu baik.

Jadi hanya dengan ketiga cara di atas, kita bakal memperoleh keselamatan kekal. Singkatnya, milikilah hati yang bersih, berdoalah dengan sungguh dan berbuat baiklah sambil berjaga-jaga di setiap waktu dalam hidupmu. Sehingga apabila Tuhan datang menjemput, anda telah siap menghadap Dia.

Salam Dalam Sang Sabda.
P. Anton, SVD
Previous
Next Post »