Bebas Menaati Hukum Tuhan

Bebas Menaati Hukum Tuhan (Markus 3:7-12)
Banyak orang Yahudi taat pada aturan Sabat tetapi tidak memahami mengapa aturan itu ada. Bagi Yesus, menjalankan aturan tetapi pada saat yang sama mengorbankan nilai-nilai kemanusiaan sama halnya dengan penindasan religius. "Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat", kata Yesus. Yesus menekankan makna praktek Sabat bukan bentuk-bentuk yang mengikat.
   

Hidup kita memerlukan aturan untuk menjamin ketertiban umum dan pelaksanaan ajaran iman. Namun nilai yang harus selalu disadari ialah aturan demi keselamatan manusia dan relasi dengan Tuhan. Setiap orang harus melaksanakan aturan dengan hati nurani dan dengan kehendak bebas tanpa paksaan. Begitu halnya dengan hukum Tuhan dan aturan-aturanNya: mulai dari 10 Perintah Allah, nilai-nilai injili sampai ke 5 perintah Gereja dan lain-lain.

Sebab beriman berarti mampu melakukan kehendak Allah dengan hati yang bebas tanpa paksaan. Kalau beriman tetapi merasa tertekan dan tidak bebas sebaiknya jangan pernah memiliki iman tersebut. Sebab iman tanpa perbuatan adalah mati. Selamat menghidupi dan menjalankan setiap amanat iman anda dengan segenap hati nurani dan kehendak bebas.

Salam Dalam Sang Sabda.
P. Anton SVD
Previous
Next Post »

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah ConversionConversion EmoticonEmoticon