MEMYEMBUHKAN DIRI LEWAT MENGAMPUNI














MEMYEMBUHKAN DIRI LEWAT MENGAMPUNI (MAT 18:21-35)

Salah satu bagian dari Doa Bapa Kami berbicara tentang pengampunan.  Kita meminta Allah mengampuni dosa kita, seperti kita mengampuni kesalahan orang lain. Itu berarti sebelum kita mohon ampun dari Allah, kita sudah harus lebih dahulu mengampuni kesalahan sesama. Apakah kita sudah dan akan terus mengampuni?

Mengampuni akan jadi sulit apabila tidak ada kemauan baik dari dalam hati. Tanpa kemauan, semua jalan tertutup. Jangankan 7 kali, 1 kali pun mungkin terasa susah. Mengapa orang susah mengampuni? Tentu banyak alasan.

Tetapi mengampuni orang lain adalah obat untuk menyembuhkan diri sendiri. Kita disembuhkan dari sakit hati, dendam, tertekan,  sedih, kecewa dan  marah karena disakiti oleh orang lain. Bekas lukanya mungkin saja tetap ada, tetapi rasa sakitnya hilang. Rasa sakit yang hilang itulah yang menghindarkan kita dari kecenderungan untuk balas dendam.
"Ampunilah dan  kamu akan diampuni." (Luk 6:37).

Salam Kasih Dalam Sang Sabda. 
P . Yonas , SVD
Previous
Next Post »

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah ConversionConversion EmoticonEmoticon