RENDAH HATI MENERIMA YANG LAIN














RENDAH HATI MENERIMA YANG LAIN (LUK 4:24-30)

Ditolak oleh orang-orang dekat adalah pengalaman pahit. Pengalaman itu juga dialami Yesus. Ia ditolak oleh orang-orang seasal-Nya hanya karena mereka mengenal keluarga-Nya yang sederhana. Mereka terlalu angkuh dan memandang rendah keluarga Yesus. Mereka berpikir anak tukang kayu mustahil melakukan karya hebat.

Kita juga mungkin sering berlaku seperti orang-orang Nazaret. Ketika teman kita sukses, kita sering membuat banyak alasan untuk menolak kesuksesannya. Ketika ia gagal dan jatuh, kita mencari alasan untuk semakin menguatkan kegagalannya. Sikap seperti ini dengan sendirinya menjauhkan orang lain dari hidup kita. Kita perlu meneladani Yesus. Ia menerima siapa saja termasuk mereka yang Ia ketahui berdosa dan gagal.

Menerima orang lain apa adanya hanya mungkin jika kita rendah hati. Semakin kita rendah hati, semakin banyak tempat kosong dalam hati untuk orang lain. Semakin kita angkuh, semakin kecil tempat kosong dalam hati bagi orang lain.

Salam Kasih Dalam Sang Sabda.
P. Yonas, SVD. (QC, 9/3/15)
Previous
Next Post »

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah ConversionConversion EmoticonEmoticon