Camping Orang Muda Katholik St. Albertus Agung “Being Friends With The Nature”


Sebagai Paroki yang baru dilahirkan pada tanggal 14 April 2015 yang lalu, umat di Paroki St. Albertus Agung yang semula hanya 10 wilayah, kini bertambah 3 wilayah baru yaitu wilayah Anastasia, wilayah Fransiskus Asisi, dan wilayah Ignasius Loyola yang sebelumnya merupakan wilayah Paroki Sta. Clara, Bekasi. Karena itu OMK St. Albertus berinisiatif untuk mengadakan sebuah pertemuan yang dapat mengumpulkan teman-teman OMK St. Albertus sendiri dan teman-teman OMK dari wilayah yang baru. Untuk mendekatkan dan mempererat persaudaraan diantara OMK St. Albertus Agung, terutama untuk menyatukan teman-teman OMK dari wilayah yang baru, maka OMK wilayah Sta. Regina Pacis sebagai panitia penyelenggara mengadakan camping OMK yang bertema “Being Friends With The Nature”. Camping ini bukan sekedar camping biasa, namun perpaduan antara camping rohani dan camping character building.


            Dengan segala kesibukan yang dilakukan sehari-hari, OMK wilayah Sta. Regina Pacis menyempatkan diri dari segala rutinitas untuk dapat mengadakan acara camping ini. Dengan berbagai upaya yang dilakukan mulai dari pencarian dana sampai dengan pencarian peserta, akhirnya terselenggaralah Camping OMK St. Albertus Agung ini pada tanggal 26 Juni 2015 sampai 28 Juni 2015.


            Hari pertama dimulai saat kami berkumpul dan berdoa bersama Romo RD. Yustinus Kesaryanto,  yang tidak lain adalah Romo Kepala Paroki St. Albertus untuk mempersiapkan keberangkatan kami ke perkemahan Sukamantri, Gunung Salak-Bogor. Dengan menaiki 5 tronton TNI AD, kami berangkat beriringan sebanyak 120 peserta. Dan akhirnya tanpa kekurangan suatu apapun, sekitar pukul 10.30 pagi, kami sampai di Perkemahan Sukamantri. Acara dilanjutkan dengan upacara pembukaan dengan pemecahan kendi oleh ketua panitia dan perwakilan Dewan Paroki. Karena hari sudah siang, acara kami lanjutkan dengan makan siang bersama di bawah rindangnya pohon dan beralaskan rumput hijau. Namun sampai pada acara ini beberapa teman masih belum mengenal satu-sama lain dan cenderung berkelompok dengan teman-teman yang sudah mereka kenal sebelumnya.

            Hari kedua camping ini adalah hari yang paling ditunggu karena hari ini kegiatan kami sangat padat dengan berbagai games seru. Teman-teman dibagi menjadi beberapa kelompok yang pastinya satu-sama lain belum saling mengenal. Dengan dibantu oleh beberapa kakak pembina pramuka, kami mulai terpecah menjadi beberapa pos. Sampai pada malam hari, kami berkumpul kembali di lapangan yang di tengahnya sudah menyala api unggun. Disana kami berkumpul bersama dan duduk dengan kelompok masing-masing untuk menjalin keakraban antar kelompok. Sesudah acara api unggun, kami diajak untuk menyusuri hutan ditengah gelapnya malam. Sampai larut malam, kira-kira pukul 02.00 kami mengikuti acara jurit malam itu yang di setiap posnya kami mendapatkan pengetahuan tentang arti hidup. Menurut kami suasananya menegangkan, karena kami harus berjalan ditengah hutan pinus dan hanya dibekali 2 lampu senter. Walaupun lelah, akan tetapi setiap anggota kelompok sangat menikmati perjalanan dengan senang hati, sampai pada akhirnya kembali ke tenda masing-masing untuk beristirahat.




            Di hari ketiga suasana semakin ramai karena teman-teman sudah saling akrab satu dengan yang lain, bukan hanya dengan anggota kelompoknya saja melainkan dengan anggota kelompok lain serta panitia. Diawali dengan misa bersama yang dipimpin oleh Romo RD. Antonius Pramono dan diiringi oleh paduan suara dari OMK St. Albertus Choir kami melanjutkan acara camping ini dihari yang terakhir. Sampai pada akhirnya kami diarahkan untuk membereskan barang-barang kami, membongkar tenda, foto bersama, dan mempersiapkan diri untuk pulang.

            Banyak hal yang kami dapat dari acara camping ini. Sewaktu keberangkatan dihari pertama, kami sama sekali belum mengenal teman di samping kiri dan kanan, sangat tidak kami sangka bahwa dihari terakhir kami sudah saling akrab seperti sudah lama berteman. Dalam camping ini selain kami mendapat pengalaman baru, kami juga mendapatkan sahabat-sahabat baru yang kami cintai karena kami ingat satu ayat di alkitab yang mengatakan “Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus” (Filipi 2: 5). Dari alam kita dapat belajar bahwa kita ini adalah makhluk Tuhan yang diciptakan sungguh agung dan sebaiknya kita mencintai sesama seperti Tuhan sendiri mencintai bumi ini dan seisinya. ­­

-FX. Anindyka & Kornelia H-


Previous
Next Post »

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah ConversionConversion EmoticonEmoticon