MENDARATKAN ARDAS KAJ



Sosialisasi Arah Dasar Keuskupan Agung Jakarta ( KAJ ) telah terlaksana. Gereja sebagai persekutuan umat Allah berkomitmen untuk mendaratkan ARDAS 2016 – 2020 bagi umat untuk masa lima tahun ke depan.

Kordinator Wilayah St. Alfonsus, Hendrikus Henry Supardi menerima kunjungan Dewan Paroki Harapan Indah di kediaman Korwil Alfonsus, Vila Mutiara Gading, 14 Agustrus 2015.

Dalam sosialisasi Dewan Paroki Yustinus Andik Budi Cahyono dan FX Bambang Sumantri memaparkan bahwa Reksa Pastoral Umat KAJ periode 2016 – 2020 diinspirasi dan digerakan oleh NILAI INTI Arah Dasar Pastoral Keuskupan Agung Jakarta tahun 2016 – 2020 yaitu: 
  1. Umat allah menjadi pembawa suka cita Injil
  2. Umat Allah mampu mewujudkan Kerajaan Allah yang Maha Rahim
  3. Umat Allah harus terlibat mengamalkan Pancasila demi keselamatan umat manusia dan keutuhan ciptaan.
Reksa pastoral terhadap tiga pilar tersebut menggunakan landasan “ Spiritual Gembala Baik dan Pelayanan yang Murah Hati ”, yaitu pelayanan pastoral evangelisasi agar semakin tangguh dalam iman, terlibat dalam persaudaraan inklusif, dan berbelarasa terhadap sesama dan lingkungan hidup. Sedangkan tata kegembalaanya menggunakan pendekatan pastoral evangelisasi yang sinergis, dialogis, partisipatif dan transpormatif.

Mengacu pada pokok-pokok pikiran diatas seluruh umat KAJ berkomitmen untuk:
  1. Mengembangkan pastoral keluarga yang utuh dan terpadu.
  2. Meningkatkan kualitas pelayanan pastoral dan kader awam.
  3. Meningkatkan katekese dan liturqi yang hidup dan memerdekakan.
  4. Meningkatkan belarasa melalui dialog dan kerjasama dengan semua orang yang berkehak baik untuk mewujudkan masyarakat yang adil, toleran dan manusiawi khusunya untuk mereka yang miskin, menderita, dan tersisih.
  5. Meningkatkan keterlibatan umat dalam menjaga lingkungan hidup di wilayah Keuskupan Agung Jakarta.
Kunjungan DP berlangsung pukul 20.30 – 22.30, pada kesempatan ini, DP mensosialisasikan ARDAS yang baru yang dihadiri para Ketua Lingkungan dan Pengurus Lingkungan yang berada di wilayah Alfonsus.

By  Aloy. Supriyono Daduleyn / Komsos 

































Previous
Next Post »

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah ConversionConversion EmoticonEmoticon