Hari Minggu Biasa II



Renungan 17 Januari 2016 "Hari Minggu Biasa II" 



“... engkau menyimpan anggur yang baik sampai sekarang” (Yoh 2:10)

“Menjaga Kualitas Diri”

Bercocok tanam ... rasanya hampir setiap petani menghendaki hasil yang melimpah, semakin bulan semakin berlimpah hasilnya, sehingga semakin hari semakin tebal kantung uang. Bagaimana caranya? Sering kali cara yang diambil justru semakin menurunkan hasil panen, sehingga tak pelak yang terjadi adalah kebangkrutan. Ambillah contoh benih yang ditebarkan semakin lama semakin tidak berkualitas karena diambil dari hasil tanam yang lalu dan tanpa pengolahan memadai sebagai benih unggulan. Hal tersebutlah yang sering membuat petani menjadi tekor.

Menjaga kualitas benih yang ditebarkan bagaikan menjaga kualitas anggur dalam kisah perkawinan di Kana. Umat beriman ditantang untuk terus-menerus menjaga kualitas pribadi di tengah pergulatan hidup bermasyarakat. Ketekunan dalam doa dan introspeksi diri merupakan dua hal yang penting dimiliki setiap umat beriman dalam menjaga kualitas diri. Rahmat Allah senantiasa dimohon agar umat beriman mampu introspeksi diri, dan atas dasar kasih Allah umat beriman senantiasa memancarkan keindahan hidupnya.

Bagaikan benih dan anggur dalam perkawinan di Kana, pada akhirnya orang lainlah yang akan menikmati langsung “nikmatnya” hidup bersama dengan umat beriman. Benih yang dijaga kualitasnya yang ditebarkan dan anggur manis yang senantiasa disajikan akan membuat banyak orang menikmati kebahagiaan. Demikian pula halnya dengan hidup umat beriman di dalam pergulatan hidup bersama. Banyak orang akan kagum sungguh akan hidup umat beriman yang terjaga kualitas pribadinya.

~o0o~


Previous
Next Post »

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah ConversionConversion EmoticonEmoticon