Hari Minggu Biasa III



                                    Renungan 24 Januari 2016 " Hari Minggu Biasa III"


Karena itu, setelah aku menyelidiki segala peristiwa itu dengan seksama dari asal mulanya, aku mengambil keputusan untuk membukukannya dengan teratur bagimu, supaya engkau dapat mengetahui, bahwa segala sesuatu yang diajarkan kepadamu sungguh benar” (Luk 1:3-4)

“Tidak Ada Keraguan Lagi”

Meyakinkan orang tidaklah mudah. Perjalanan hidup, terutama dengan Bapak sangatlah menarik, dimana untuk meyakinkan beliau terkait bentuk usaha yang akan dilakukan di rumah atau tanah milik beliau. Selalu saja hubungan anak-orang tua menjadi ukuran meski sering tidak disadari beliau. Saya masih dianggap anak yang belum tahu apa-apa, tidak memiliki pengalaman sama sekali. Meski pada akhirnya disetujui ide dasar, namun bagaimana aplikasi selanjutnya beliau yang mengatur.

Tampaknya Lukas perlu meyakinkan seseorang yang bernama Teofilus terkait pengajaran tentang Yesus yang telah diterima Teofilus. Dengan menuliskan berbagai peristiwa Yesus sebagaimana pemberitaan para saksi iman, Lukas berharap tidak ada keraguan sedikit pun pada diri Teofilus akan keselamatan dalam dan melalui Yesus Kristus.

Apa yang tertulis dalam Injil Lukas juga terjadi dalam pemberitaan Injil dewasa ini. Tidak sedikit justru umat beriman yang goyang, atau meragukan imannya. Segala keluh kesah, pahit getirnya hidup, menggoyangkan iman. Orang beriman mudah larut dan hanyut dalam arus kehidupan masa sekarang sehingga pemberitaan Injil pun terasa semakin berat.

Penulisan Lukas tampaknya memberikan dorongan bagi umat beriman agar tidak putus asa di dalam pemberitaan Injil. Kalau Lukas membukukan pemberitaan yang telah dan atau sedang berlangsung, mungkin para pemberita Injil dewasa ini menemukan bentuk-bentuk lain. Salah satunya adalah usaha bersama umat beriman untuk menciptakan perayaan liturgis yang semakin meriah. Kemeriahan dalam perayaan Ekaristi, misalnya, tentu akan sangat menyentuh umat beriman yang mengikutinya dan membawanya serta dalam keterlibatan perayaan.

~o0o~





Previous
Next Post »

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah ConversionConversion EmoticonEmoticon