Minggu Paskah IV

Renungan 17 April 2016 "Hari Minggu Paskah IV" 


Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku
dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku
[Yoh 10:27]

Dalam suatu telaah psikologis, ada ruang-ruang dimana seorang pribadi tidak mengenal dirinya, tetapi justru orang lain yang mengenalnya; demikian juga ada ruang-ruang dimana diri sendiri dan orang lain tidak mengenali. Namun, siapakah yang mengenal sungguh diri sendiri kalau bukan pribadi yang bersangkutan?
Sering diri ini terbelenggu oleh dorongan agar orang lain memahami dan menerima diriku. Belenggu ini justru mengarahkan diriku agar bisa dipahami dan diterima orang lain. Bagaimana realitasnya? Dalam kapasitas masing-masing pribadi, aku sadar bahwa aku tidak dapat diterima oleh semua orang. Tidak semua orang suka terhadap diriku. Tidak semua orang memahami diriku. Tidak semua orang menerima diriku.


Perjumpaan dengan Sang Gembala yang mulia sebagaimana diwartakan Yohanes menyadarkan diriku agar mengenali diri sendiri lebih dalam. Aku harus mau dan mampu mendengarkan suara-suara di dalam diriku sendiri. Suara-suara itu menggelorakan keinginan-keinginan diriku. Aku harus semakin mengenali mereka: manakah yang menimbulkan rasa senang dan manakah yang menyakitkan. Tatkala aku mengenalinya, aku ditantang untuk mampu menyeimbangkan dengan suara-suara/keinginan-keinginan orang-orang di sekitarku. Aku dan diriku saling mengenali sehingga ada keselarasan di dalam hidupku pribadi.

BY Slamet Harnoto | Tim Komsos
Previous
Next Post »

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah ConversionConversion EmoticonEmoticon