iklan banner

KUNJUNGAN PASTORAL PAROKI

Paroki Harapan Indah Santo Albertus pada hari Kamis 15 September 2016 mendapat kunjungan dari tim Kunjungan Pastoral Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) dan Dekenat Bekasi. Pukul 17.00 di aula Paroki sudah tampak anggota Dewan Paroki, Koordinator wilayah, koordinator Tim Advokasi dan karyawan sekretariat paroki menantikan tim Kunjungan Pastoral tersebut. Kira-kira Pukul 17.20 tim tersebut tiba di Paroki Harapan Indah.Tim dan seluruh yang hadir selanjutnya menikmati snack sore bersama dalam suasana penuh keakraban. RD.Adi Prasojo, RD. Rafael & Pastor Alfonsus SCJ tim dari KAJ tampak berbaur dan berbincang-bincang dengan peserta yang hadir. 



Tepat pukul 18.00 acara dimulai diawali dengan doa, dilanjutkan dengan perkenalan anggota dewan oleh Pak Arif lalu sambutan oleh Romo Kesar, dan sambutan dari Pastor Antonius Sarto Mitakda SVD selaku Partor ketua dekenat Bekasi. Dalam Sambutannya Pastor Sarto menyampaikan kebahagiaannya karena melihat perkembangan Paroki Harapan Indah yang begitu cepat, serta mohon maaf karena Pastor yang lain tim dari Dekenat Bekasi tidak dapat hadir. 


RD. Adi Prasojo dalam sambutannya sebagai ketua tim Kunjungan Pastoral KAJ menyampaikan bahwa kunjungan ini bukanlah audit, namun maksud dari kunjungan ini adalah memberikan suport dalam rangka menjalankan reksa pastoral. Melalui kunjungan ini diharapkan dapat ditemukan hal-hal yang baik yang dapat dipertahankan serta hal-hal yang kurang baik sehingga dapat dievaluasi dan ditingkatkan menjadi lebih baik.


Profil Paroki Harapan Indah dipaparkan oleh Bapak Andreas Tantri dengan sangat lengkap, mulai dari sejarah singkat paroki, peta letak geografis paroki, jumlah umat, perkembangan jumlah umat, profil wilayah dan lingkungan, komunitas kategorial, komunitas/ paguyuban yang lain, komunitas biara dan sekolah, organisasi Paroki terakhir Pelayanan dan program paroki yang khas. Sebuah persiapan yang sangat matang telah dipersiapkan oleh Dewan Paroki Harapan Indah untuk menerima tim Kunjungan Pastoral Paroki dari KAJ.


Setelah makan malam bersama, dilanjutkan pertemuan dalam kelompok kecil yaitu bidang pendataan, bidang organisasi dan kekaryawanan serta bidang penggembalaan. Acara dilanjutkan dalam kelompok besar di ruang aula dengan mendengarkan hasil sharing dan pengecekan administrasi Paroki Harapan Indah.

Catatan dari Tim Kunjungan Pastoral bidang Penggembalaan:
  • Sebuah paroki yang akif
  • OMK aktif usaha mencari fariasi kegiatan OK
  • Kaderisasi berjalan
  • Litbang berfungsi
  • Kepengurusan dlm kelompok-kelompok perlu diperbaiki, jika mungkin tambah anggota
  • Permasalahan BIA dapat diatasi jika Gedung Karya Pastoral selesai dibangun
  • Usulan: upayakan study banding dengan paroki lain
Jumlah Umat dengan usia produktif yang cukup banyak diharapkan mampu menjadi solusi untuk kaderisasi.

Catatan dari Tim Kunjungan Pastoral bidang pendataan:
  • Dalam pencatatan diharapkan tidak mengunakan penghapus tipex
  • Catatan pengurapan orang sakit & kematian masih kosong
  • Buku baptis dan dan pernikahan belum ada duplikat
  • Terlalu banyak catatan yang sebenarnya kurang penting
  • Arsip data perkawinan rapi & unik (menggunakan amplop, sehingga tidak mengundang orang untuk membuka dan membaca)
  • Peggunaan data biduk sudah baik
Catatan dari Tim Kunjungan Pastoral bidang Organisasi dan Kekaryawanan:
  • Rapi
  • Standart gaji KAJ sudah diterapkan
  • Adakan pertemuan rutin dengan karyawan
Pesan RD. Adi Prasojo: Saya berharap para gembala (para Romo) dapat mengembangkan potensi-potensi pelayan-pelayan yang ada untuk pengembangan umat.

Kata penutup dari Romo Kesar: Kami para Romo semangat karena melihat semangat yang ada pada para pengurus.


Demikian rangkaian acara kunjungan pastoral di Paroki Harapan Indah. Dari A sampai Z telah di evaluasi dengan rinci dan kami mengundang semua umat untuk turut serta berpartisipasi mengisi dan melengkapi di bagian-bagian yang masih kurang sambil belajar kepada bagian-bagian yang sudah cukupp bagus. Tidak ada kata terlambat untuk melayani !

By Ignasia Alfonsa | Komsos St Albertus Agung 

0 Response to "KUNJUNGAN PASTORAL PAROKI"

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

text gambar text gambar text gambar text gambar text gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel