Minggu Adven II

 "Renungan 4 Desember 2016 "Minggu Adven II"

Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa daripadaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api" [Mat 3:11]


Jaman Mesianik

Minggu ini aku sudah mau menyelesaikan pemindahan tanaman cabe dari tempat semai ke polybag. Tidak semua benih yang kusemai tumbuh dan tidak semua tumbuh sesuai harapanku. Aku harus memilih dan memilah agar pada akhirnya aku memeroleh tanaman cabe yang memberikan buah berlimpah.

Minggu adven II ini mewartakan hubungan antara kedatangan jaman mesianik dan pertobatan. Yesaya menubuatkan akan kedatangan tunas dari tunggul Isai sebagaimana pada awal Kerajaan Israel. Masa kejayaan pada masa Raja Daud begitu melekat di hati orang-orang buangan. Nubuat Yesaya menyatakan kejayaan melebihi masa Raja Daud, tetapi masih dalam trah Isai (Keluarga Raja Daud). Nubuat Yesaya ini menyatakan suatu masa di mana kuasa ilahi sungguh meraja. Di sana tiada kejahatan. Keadilan dan kedamaian mewarnai kehidupan umat manusia. Kehidupan dikembalikan seperti halnya di Taman Eden.

Kehadiran jaman mesianik haruslah disambut dengan pertobatan. Pertobatan ditandai dengan buah kebaikan yang sungguh berlimpah. Itu semua karena kuat kuasa Roh Kudus yang tercurah dalam nurani. Oleh karena itu, sebagaimana Paulus nyatakan dalam suratnya kepada jemaat Roma, umat manusia sehati sesuara memuliakan Allah (Roma 15:6). Tanda akan kuat kuasa Roh Kudus ini nyata dalam keterbukaan akan kehadiran orang lain, sehingga ada saling menerima satu dengan yang lain (Roma 15:7).


Dalam hidup pribadi aku ditantang untuk selalu memilih dan memilah mana yang baik dan selaras dengan kehendak Allah. Kemauan dan kemampuan yang dianugerahkan seharusnya mampu membangun kehidupan bersama sehingga masa mesianik sungguh semakin kentara di dalam kehidupan sehari-hari. Amin.
Previous
Next Post »

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah ConversionConversion EmoticonEmoticon