Minggu Biasa II

"Renungan 15 Januari 2017 "Minggu Biasa II"


Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata:
‘Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia’" [Yoh 1:29]

Panggilan Untuk Bersaksi!

Dalam suatu peristiwa di desaku, meski aku terlahir dan besar (hingga SMP) tinggal bersama orangtua di desa, namun karena lama tidak tinggal di desaku, tidak sedikit orang yang pangling terhadapku. Mereka menanyakan siapa diriku. Mereka melihar diriku mirip dengan seseorang atau beberapa orang yang notabene adalah orangtua dan saudaraku. Tentu saja, perjumpaan dengan mereka me-refresh tidak hanya mereka, tetapi juga diriku. Kami lama tak jumpa, meski serasa baru kemarin sore saja.

Peristiwa biasa dan umum terjadi (hampir) pada setiap insan ini menarik perhatianku tatkala merenungkan kesaksian Yohanes tentang Yesus. Kesaksian Yohanes menunjukkan orang dekat dan mengenal betul pribadi Yesus. Ia tidak sekadar memerkenalkan pribadi Yesus, karena di dalam benak orang-orang Yahudi cukup dikenal “Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia”. Kesaksian Yohanes sekaligus juga me-refresh kehadiran “Anak Domba Allah”. Kesaksian Yohanes juga menyatakan kepenuhan kehadiran “Anak Domba Allah”.


Umat beriman tentunya memiliki panggilan yang sama seperti halnya Yohanes Pembaptis. Sebagaimana Yohanes, umat beriman tentunya memiliki pengenalan sungguh akan Yesus Kristus. Umat beriman memiliki keintiman hubungan pribadi dengan Yesus Kristus. Oleh karenanya, umat beriman pun dapat memberikan kesaksian tentang Yesus Kristus kepada sesama, “Yesuslah Anak Domba Allah, yang menebus dosa dunia”. Bukankah demikian?
Previous
Next Post »

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah ConversionConversion EmoticonEmoticon