Minggu Biasa V



"Renungan 5 Februari 2017 "Minggu Biasa V"



“Hendaknya terangmu bercahaya di depan orang,
supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga " [Mat 5:16]

Terang Ilahi yang Memancar

Suatu ketika seorang ibu dan saudara-saudaranya melihat penampilan fisik seorang anak perempuan, anak pertama dari salah seorang adiknya, tampak gemuk. Kegemukan fisik tersebut menampakkan ada sesuatu yang terjadi pada anak perempuan tersebut. Mereka curiga kalau dia sedang hamil. Kecurigaan itu berbuntut dengan berusaha mencari tahu. Mereka memeriksakan anak perempuan tersebut pada salah seorang dokter. Ternyata benar! Anak perempuan tersebut sedang mengandung empat bulan.

Peristiwa yang umum terjadi di tengah kehidupan kita itu memberikan tantangan untuk bermenung. Pertama, penampakan fisik memancarkan sesuatu yang ada di dalam diri seseorang. Ekspresi wajah ataupun gerak tubuh mengungkapkan sesuatu yang ada di dalam pikiran atau hati seseorang. Orang marah, sedih, gembira terpancar dari ekspresi tubuhnya. Kedua, orang lain mengenali sungguh ekspresi yang terungkap. Tentu, pengenalan ini didasarkan oleh faktor pribadi yang bersangkutan, seperti pengalaman dan pengetahuannya. Ketiga, terjadi komunikasi yang nyambung antara dua pihak atau lebih yang berkomunikasi.

Para murid Tuhan ditantang untuk berkomunikasi nyambung dalam kehidupan konkret. Para murid Tuhan ditantang untuk memerhatikan konteks hidup sesama dalam komunikasinya. Merujuk pada refleksi Paulus, orang lain mengenali bahwa iman para murid Tuhan tidak “bergantung pada hikmat manusia, tetapi pada kekuatan Allah” (1 Kor 2:5). Orang lain akan mengenali segala perbuatan dan ekspresi para murid Tuhan. Orang lain mengenali bahwa ekspresi para murid Tuhan merupakan pancaran terang ilahi. Sebagaimana pewartaan Matius, hendaknya para murid Tuhan memerlihatkan
perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga " [Mat 5:16]
Previous
Next Post »

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah ConversionConversion EmoticonEmoticon