RENUNGAN MINGGU PERTAMA MEI 2017

RENUNGAN MINGGUAN 7 MEI 2017
HARI PASKAH IV
Hari Minggu Panggilan

“Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Akulah pintu ke domba-domba itu"
[Yoh 10:7]

Panggilan Persekutuan

Melalui Kisah Para Rasul umat beriman mengenali bagaimana pergulatan Gereja Perdana di tengah masyarakatnya. Para murid yang baru mengalami kebangkitan Kristus, menerima pencurahan Roh Kudus. Di hadapan orang-orang Yahudi dan banyak bangsa, Petrus berkotbah tentang Kristus, Sang Penyelamat. Petrus mewartakan pertobatan, pengampunan dosa, dan pembaptisan dalam nama Yesus Kristus (cf Kis 2:38). Dalam suratnya yang pertama, Petrus menegaskan penderitaan Yesus Kristus sebagai penebusan dosa. Kematian sebagai buah dosa telah ditebus Yesus Kristus di kayu salib demi hidup yang dianugerahkan bagi umat manusia. Luka-luka Kristus menyembuhkan luka dalam jiwa (cf. 1 Ptr 2:24).



Pada hari Minggu Panggilan ini umat beriman tidak hanya mendengarkan pewartaan Petrus tetapi bagaimana seharusnya hidup umat beriman juga menelusuri bahwa Kristulah “pintu kandang”. Hidup umat beriman tidak terlepas dari kehidupan bersama, bersekutu dengan sesamanya. Tentulah dipahami sungguh bahwa tidak ada seorang beriman pun yang terpisah dari jemaat Tuhan. Ia tidak dapat hidup sendiri. Dengan pembaptisan, seseorang dimasukkan melalui Sang Pintu ke dalam persekutuan jemaat. Dalam persekutuan inilah hidup seorang beriman.

by Slamet Harnoto
Previous
Next Post »

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah ConversionConversion EmoticonEmoticon