Workshop ALTO

Mendung masih menggelayut di langit HI siang itu. Setelah sejak dari hari Sabtu, hujan tak bosan bosannya turun membasahi bumi ini. Beberapa anggota komunitas fotografi Albertus yang biasa dikenal dengan singkatan ALTO ini, tampak berkumpul di salah satu rumah pengurus ALTO.

Pertemuan yang seyogyanya diadakan rutin bulanan tesebut, memang sempat tidak aktif beberapa lama. Dan Minggu siang kemarin adalah pertemuan pertama di tahun 2017 ini. Selain untuk menambah keakraban di antara sesama anggota, pertemuan ALTO tersebut juga ditujukan untuk saling berbagi informasi seputar dunia fotografi.


Adapun tema yang diambil pada pertemuan bulan ini adalah “Photoshop : Basic Color For Photography”. Pembicara yang diundang untuk memberikan pengarahan materi kali inipun, bukan dari internal ALTO, tetapi dari seorang praktisi yang memang sudah sangat berpengalaman di bidangnya.

Pria yang akrab dipanggil Mas Benk ini, memiliki nama lengkap Matius Bernath E. Bakarbessy. Beliau sudah malang melintang dalam dunia Digital Imaging Artist dan Photoshop Trainer sejak tahun 2000. Pengalaman bekerja sebagai freelancer di beberapa perusahaan ternama yang bergerak dalam “Food And Beverage” semakin mengasah kemampuan pria kelahiran Surabaya 37 tahun silam ini dalam ketrampilannya menggunakan program Photoshop untuk menyelesaikan pekerjaannya sehari-hari.

Banyak pengetahuan dan informasi baru yang beliau berikan kepada para anggota ALTO siang itu. Tips bagaimana menggunakan tools yang ada di dalam photoshop untuk dapat ‘mengobati foto yang sakit warnanya’. Dari cara yang mudah, sampai ke cara yang njlimet, Mas Benk berikan kepada kami dengan gamblangnya, sampai kami terbengong bengong dibuatnya. Khasanah kami benar benar terbuka setelah mendapat pelajaran dari beliau. Photoshop yang awalnya kami pakai hanya sebatas menambah gelap – terangnya hasil photo kami, ternyata di tangan seorang Mas Benk, bisa menjadi sebuah alat bantu yang sangat powerful untuk membuat sebuah hasil photo menjadi semakin indah untuk dinikmati.




Tidak terasa waktu terus berjalan, workshop siang hari itu pun harus kami sudahi. Karena akan dilanjutkan dengan sesi pengambilan photo untuk cover SANCTUS edisi Februari ini. Mas Benk yang juga merupakan mantan Koordinator KOMSOS di Gereja Keluarga Kudus Rawamangun ini, menutup sesi pelatihan dengan pesan kepada para anggota ALTO untuk selalu mengembangkan talenta yang sudah Tuhan berikan, melalui pelayanan dokumentasi di Albertus yang kita cintai ini. Dan semoga ilmu yang sudah kami dapat siang hari ini, dapat berguna bagi kami di ALTO ini. Berkah Dalem.


Lebih jauh tentang Mas Benk dapat kita lihat di web pribadinya DISINI !

by Arief DR
Previous
Next Post »