Hari Raya Hati Yesus Yang Mahakudus

RENUNGAN  23 JUNI 2017
HARI PASKAH VII
Hari Raya Hati Yesus Yang Mahakudus
  


Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat,
Aku akan memberi kelegaan kepadamu” (Mat 11:28)

Memaknai Penderitaan Dalam Kasih Ilahi


Tidak ada pribadi ataupun komunitas sosial yang sempurna. Tidak sedikit kesalahan dan dosa yang diperbuat oleh individu. Demikian pula kesalahan ataupun kekurangan dalam struktur sosial suatu masyarakat atau kelompok manusiawi. Sering kali dengan mudah kesalahan itu menjadi akar dari suatu penderitaan atau situasi negatif seorang pribadi atau kelompok sosial.



Umat beriman sudah layak dan sepantasnya memandang situasi negatif itu dari kemahakuasaan kasih Allah. Bangsa Israel diselamatkan dari cengkeraman Firaun bukan karena besarnya jumlah mereka. Mereka diselamatkan karena Allah sungguh mengasihi mereka (cf. Ul 7:7-8). Keselamatan bukanlah pertama-tama dan terutama jasa baik atau buah dari perbuatan amal kasih. Keselamatan merupakan anugerah Allah, karena Ia adalah kasih (1 Yoh 4:16).

Oleh karena itu, tatkala situasi negatif menimpa hanyalah kasih Allah yang menjadi harapan, tantangan, sekaligus pegangan hidup umat beriman. Situasi negatif selayaknya dihadapi, dijalani, bukan lari daripadanya. Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat,
Aku akan memberi kelegaan kepadamu”, sabda Yesus (Mat 11:28)
Previous
Next Post »

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah ConversionConversion EmoticonEmoticon