Hari Raya Tri Tunggal Maha Kudus

RENUNGAN MINGGUAN 11 JUNI 2017
HARI PASKAH VII
Hari Raya Tri Tunggal Maha Kudus
 

Berilah salam seorang kepada yang lain dengan cium yang kudus”
” (2 Kor 13:12)

Salam Kasih

Merayakan Tritunggal Mahakudus menunjuk pada perayaan karya penyelamatan Allah tidak hanya yang diceriterakan Kitab Suci, namun merupakan perayaan Gereja. Refleksi Yohanes menunjukkan kepada umat beriman bahwa karya penyelamatan Allah dilandasi oleh kasihNya yang begitu besar kepada umat manusia. Ia datang bukan untuk membinasakan. Ia datang untuk menyelamatkan umat manusia yang mengalami kefanaan dan kepunahan oleh karena keberdosaan. Karya penyelamatan Allah merupakan penganugerahan kembali hidup kekal kepada umat manusia (cf. Yoh 3:16).

Keagungan kasih Allah tidak pernah memerhitungkan kesalahan atau keberdosaan umat manusia. Pengalaman Bangsa Israel sungguh luar biasa. Perjalanan sebagai satu bangsa di padang gurun telah memurnikan dan menyatukan mereka dalam keyakinan kokoh akan kasih Allah. Meskipun mereka telah menolak Allah, namun Allah tetap mengasihi mereka dengan merebut kembali hidup umat manusia agar tetap hidup kekal bersamaNya. Allah sungguh penyayang, panjang sabar, dan penuh kasih setia (Kel 34:6).

Oleh karena itu, menjadi tantangan nyata bagi umat beriman adalah bagaimana kasih Allah itu sungguh nyata dalam kehidupan harian. Kalau kasih Allah begitu besar sampai tidak memerhitungkan kesalahan dan dosa umat manusia, bukankah orang-orang di sekelilingku juga mengalami dan dikasihi Allah? Tatkala aku berjumpa dengan mereka, apakah aku mengenali kasih Allah? Ataukah, kebencian dan keangkaramurkaan yang begitu hebat? “Berilah salam seorang kepada yang lain dengan cium yang kudus”, kata Paulus (2 kor 13:12).
Previous
Next Post »

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah ConversionConversion EmoticonEmoticon