HARI MINGGU BIASA XXI

RENUNGAN  27 AGUSTUS 2017
HARI MINGGU BIASA


HARI MINGGU BIASA XXI
                   
Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?” (Mat 16:15)

Siapakah Yesus?

Aku ingat waktu pertemuan dengan seorang Bapak Uskup, seorang Romo Dosen ditanyai sesuatu. Gelagatnya sama seperti mahasiswa yang ditanyai olehnya. Tak lama kemudian Romo Dosen tersebut memberikan jawaban atas pertanyaan yang diberikan Bapak Uskup. Sesudah menerima jawaban, Bapak Uskup bertanya lagi pada Romo Dosen itu, mengapa tidak segera menjawabnya. Ternyata ada rasa takut salah jawab. Ya ... seperti mahasiswa di ruang kuliah tatkala ditanyai oleh Romo Dosen tersebut.



Saya yakin bahwa Petrus dan murid lain juga seperti itu. Mereka takut kalau salah dalam menjawabnya. Oleh karena itu, mereka mengemukakan jawaban sebagaimana orang lain menjawab. Persis, seperti para mahasiswa yang mengutip sana mengutip sini pendapat orang lain. Biar meyakinkan dan tidak salah jawabannya.


Saya yakin, Bapak Uskup, Romo Dosen, atau bahkan Yesus sendiri menghendaki kemandirian dalam berpikir. Bukan menurut kata orang, atau kutipan-kutipan para ahli, tetapi menurutmu sendiri! Yesus bertanya kepada muridNya, “Siapakah Aku ini?” Jawaban haruslah dari hasil pengenalan pribadi, bukan sekadar olah pikir, tetapi sungguh karena mengenalNya. Sekarang Yesus bertanya kepada Anda: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?” (Mat 16:15)
Previous
Next Post »

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah ConversionConversion EmoticonEmoticon