Pertobatan dan Pengampunan Dosa

10 Desember 2017 
HARI MINGGU ADVEN II
                                                                                                                                   
“Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu” (Mrk 1:4)

Pertobatan dan Pengampunan Dosa  

Menarik untuk dicermati: penampilan tokoh-tokoh dalam Injil sebelum Yesus lahir. Ditampilkan dalam Minggu Adven II ini Yohanes Pembaptis. Ia dikatakan sebagai pribadi yang memersiapkan kedatangan Tuhan. Yang dilakukan pribadi ini adalah mewartakan pertobatan-pembaptisan-pengampunan dosa. Menilik ceritera penginjil bahwa banyak orang berbondong-bondong datang kepadanya, tampak bahwa ada rahmat ilahi yang menyeruak masuk ke dalam insan yang mendatangi Yohanes itu. Rahmat itu membuka mata hati dan budi insani untuk menyadari diri akan keberdosaannya. Rahmat itu pulalah yang memampukan insan untuk mengakukan segala dosanya di hadapan Yohanes dan kemudian dibaptis. Pada akhirnya, rahmat itu menerima kembali hidup insani ke dalam kebersamaan dengan Allah: pengampunan dosa.



Umat beriman diajak untuk merenungkan peristiwa Yohanes itu. Tatkala menanti kedatangan Tuhan, umat beriman seharusnya tekun dalam doa: memohon rahmat pertobatan dan pengampunan dosa. Rahmat itu tentu akan membangun ketekunan dan kesetiaan dengan menyadari terus-menerus akan hidup yang seharusnya senantiasa dipersembahkan kepada Tuhan. Kesadaran inilah yang kiranya mendampingi sikap waspada dan berjaga. 

By Slamet Harnoto
Previous
Next Post »

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah ConversionConversion EmoticonEmoticon