Rekoleksi Orang Tua dan Wali Baptis Antuta 25 Agustus 2013

Rekoleksi yang dibawakan oleh Bapak Ignatius Heri Pramudya pada hari Minggu, 25 Agustus 2013 dimulai pada pukul 11.00 WIB di Gereja Santo Albertus. Acara yang diawali dengan doa pembuka oleh Ibu PCS Rosita, diikuti oleh orang tua dan wali baptis dari 13 anak yang akan di Baptis.



Banyak warga baru pindahan dari Paroki lain yang mengikuti rekoleksi pada hari ini.
Rekoleksi antuta wajib diikuti oleh orang tua dan wali baptis yang akan membaptiskan anaknya, karena cinta kasih orang tua harus dibagikan kepada anak yang dipercayakan kepada kita melalui pembaptisan yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 September 2013.

Orang tua harus memperhatikan anak-anaknya seperti halnya Gereja memperhatikan anak-anak dengan melaksanakan Baptis antuta. Orang tua dipertemukan dalam cinta oleh Tuhan dan disempurnakan oleh Pastor melalui pemberkatan nikah dan anak-anak yang dilahirkan adalah anak titipan Tuhan, maka kita pun wajib memperhatikan anak-anak itu, kita tidak boleh menelantarkan mereka.


Sebagai orang tua kita harus membimbing anak-anak dalam iman Katolik, dalam bersikap, bertutur kata dan berperilaku sehingga mereka menjadi anak-anak yang baik.

Contoh :
  • Berdoa sebelum makan.
  • Mengajarkan anak untuk dapat mengikuti misa dengan tenang.
  • Dilatih untuk selalu berbuat baik melalui keteladanan orang tua.
  • Rajin berdoa, rajin ke Gereja.
  • Kewajiban orang tua seperti tertulis dalam Lukas 2:21-32 (Yesus disunat dan diserahkan kepada Tuhan).
Orang tua dapat meneladani Bunda Maria dalam mendidik Yesus, jangan merasa diri selalu benar.
Orang tua berkewajiban memenuhi segala kebutuhan jasmani anaknya dan bersama wali baptis membimbing anak-anak secara rohani demi perkembangan imannya.
 
M.M.Murni – Sie Katekese  
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel