BERBAGI ITU INDAH

Dua hari berturut-turut mulai Sabtu sampai Minggu 7 dan 8 September 2013, Gereja St. Albertus Harapan Indah kedatangan tamu dari Lembaga Daya Dharma (LDD) dari Keuskupan Agung Jakarta (KAJ).  Pemandangan yang lain dari biasanya tentu banyak mengundang tanya.  Apakah LDD itu ?

Ibu Maria Goretti Iswani Windiyarti sebagai penanggungjawab dalam acara ini menerangkan bahwa Lembaga Daya Dharma Keuskupan Agung Jakarta – untuk selanjutnya disebut LDD-KAJ adalah sebuah lembaga pelayanan sosial milik Keuskupan Agung Jakarta. LDD-KAJ didirikan oleh Mgr. A. Djayasepoetra, SJ, Uskup Agung Jakarta kala itu, pada tgl 10 Mei 1962 dengan akta Notaris Hobropoerwanto no. 44/1962.
 

















Lembaga ini bertujuan untuk melayani kebutuhan utama kaum miskin saat itu dengan mengumpulkan dana, pakaian layak pakai, obat-obatan dan makanan. Dalam perjalanan waktu, LDD-KAJ berkembang menjadi lembaga yang tidak hanya melayani kebutuhan sesaat masyarakat miskin, melainkan juga mencari dan mencoba menanggulangi penyebab kemiskinan dengan mengembangkan sejumlah biro pelayanan.


 












Ibu Maria Goreti Iswani Windiyarti  juga menjelaskan bahwa LDD-KAJ ini memberikan pelayanan justru lebih banyak kepada orang non Katolik. Untuk mendukung kegiatan ini diperlukan dana yang antara lain diperoleh dengan acara kunjungan ke Gereja seperti kali ini. Ada hubungan timbal balik yang baik antara umat dengan LDD-KAJ ini. Di satu sisi LDD-KAJ mendapatkan dukungan dana dan di sisi yang lain umat berkesempatan untuk melaksanakan salah satu bentuk pertobatan melalui berderma dengan orang yang membutuhkan.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Kesempatan yang baik ini dimanfaatkan oleh tim LDD-KAJ dengan membagikan amplop dukungan dan menggelar hasil karya dari orang-orang yang cacat binaan LDD-KAJ. Orang-orang sangat luar biasa ini juga membantu koor dalam misa Sabtu sore dan membantu menjadi solis dalam misa Minggu pagi yang kedua. Di balik kekurangan mereka ada talenta yang luar biasa. Nampak sebagian umat terharu melihat penampilan mereka.













Berbagi itu memang sungguh indah, terima kasih tim LDD-KAJ yang sempat mengusung tim baik binaan beserta relawan sejumlah 30 orang pada hari Sabtu dan 15 orang pada hari Minggu, semoga tetap bisa berkarya untuk umat manusia.

Wahyu, kontributor Komsos St. Albertus




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel