Menjawab Undangan Tuhan

Menjawab Undangan Tuhan (Lukas 14:15-24) 
 
"Mau selamat masuk Surga? Jawablah undangan Tuhan!" Demikian kata seorang Romo dalam kotbahnya. Jika dicermati, ungkapan ini ada benarnya. Karena Kerajaan Surga itu ditawarkan oleh Allah kepada manusia dan tergantung apakah manusia mau menerima tawaran itu ataukah tidak.
Menerima tawaran Surga berarti rela meninggalkan kesibukan diri dan dunia. Setelah itu utamakan Allah di dalam segala sesuatu. Dan jawablah undangan Allah yang hadir melalui penerimaan sakramen-sakramen dan pelbagai pelayanan iman lainnya.
 
Namun yang paling penting adalah bagaimana cara kita mewujudkan pesan-pesan dari setiap sakramen dan pelayanan yang kita terima itu. Akhirnya kita juga diundang untuk menyadari bahwa Allah berkenan mengundang semua orang tanpa perbedaan untuk masuk ke dalam Surga. Ini pertanda bahwa persaudaraan kristiani kita tidak hanya terbatas pada kalangan seiman, melainkan harus merangkul semua orang.
 
Hal ini pun secara nyata dilakukan oleh St.Karolus Boromeus yang pestanya kita peringati pada hari ini. Ketika Gereja Katolik di Milano dilanda krisis beliau tampil sebagai "tokoh pembaharu". Bahkan ketika wabah pes melanda Milano pada tahun 1576, Karolus menjual milik pribadi dan keuskupan serta mendirikan Rumah Sakit untuk menolong mereka yang sakit dan tak berdaya.

Nah marilah pada hari ini, kita berani meninggalkan segala kepentingan diri kita untuk menjawab undangan Tuhan dengan merangkul semua orang ke dalam pelukan kasihNya. Buktikan dengan satu atau dua atau lebih tindakan kasih yang dapat kamu lakukan hari ini. Selamat bermisi! Selamat Pesta St.Karolus Boromeus.
 
Salam Dalam Sang Sabda.
P. Anton, SVD

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel