Saksi Keselamatan

15 April 2018 HARI MINGGU PASKAH III 


“Kamu adalah saksi dari semuanya ini” 
(Luk 24:48) 

Saksi Keselamatan 

Tentu Anda sering mendengar kata “saksi”. Akhir-akhir ini di berbagai channel televisi ditayangkan berbagai persidangan yang ada di negeri ini. Ada sidang penistaan agama, pembunuhan, korupsi, dan sebagainya. Dalam persidangan, ditampilkan saksi-saksi, baik yang memberatkan maupun yang meringankan. Dari berbagai tayangan televisi tersebut tampak dua pemahaman terkait kata “saksi”, yakni langsung maupun tidak langsung. Saksi langsung mengandaikan kehadiran pada suatu peristiwa. Dengan inderanya, seseorang hadir dalam suatu peristiwa. Berbeda dengan saksi tidak langsung. Ia tidak hadir dalam peristiwa yang terjadi. Ia sebatas menangkap peristiwa dari rekaman-rekaman yang ada baik digital, tertulis, maupun informasi-informasi dari orang lain. 


Umat beriman merupakan saksi akan keselamatan atau damai sejahtera Allah, baik hadir secara inderawi (para murid Yesus yang pertama) maupun tidak langsung dalam kehadiran peristiwa keselamatan Yesus. Umat beriman mampu memberikan keterangan-keterangan tentang damai sejahtera ini karena “mengalami” keselamatan yang datang dari Allah. “Mengalami” tidak semata pengalaman inderawi, tetapi sekaligus merupakan pengalaman batiniah dan rohani. Allah menyelamatkan hidup manusia seutuhnya. 

Umat beriman jaman milenial menjalani hidup di tengah hiruk pikuk dunia yang diwarnai oleh kecenderungan untuk menghancurkan dimensi relasional hidup manusia: kepada Allah, semesta alam, dan sesama. Sebagai saksi keselamatan, umat beriman ditantang untuk memertahankan, menunjukkan, dan mengembangkan dimensi relasional agar tetap utuh hingga kesempurnaan pada akhirnya oleh tindakan Allah sendiri. Kesaksian itu semakin nyata di dalam realitas hidup menggereja, di dalam keluarga, di tengah masyarakat, di tempat kerja, ... di manapun umat beriman hadir. Hadirlah dalam hidup umat beriman sebagai saksi keselamatan!

by Slamet Harnoto | ilustrasi foto : Edy Wibowo

0 Response to "Saksi Keselamatan "

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel