Pengharapan Karena Iman

RENUNGAN MINGGUAN JULI 2018 
1 Juli 2018 HARI MINGGU BIASA XIII 

Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau. 
Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu!”(Mrk 5:34) 
Pengharapan Karena Iman 

Menarik memerhatikan dua kisah tentang mukjizat yang diperbuat Yesus sebagaimana diwartakan Markus. Kisah perempuan yang menyentuh jumbai jubah Yesus terbingkai kisah anak kepala rumah ibadat, Yairus. Mukjizat terjadi karena kepercayaan sungguh kepada Yesus pada saat mereka putus asa menghadapi beratnya hidup. Perempuan itu telah menderita selama dua belas tahun; sementara dikisahkan bahwa keluarga Yairus mengabarkan bahwa anaknya sudah mati. Iman akan Yesus dari perempuan dan Yairus yang membuat mereka tetap berharap sungguh akan kesembuhan dari penyakit. Mereka percaya bahwa Yesus akan menyembuhkan. Mereka tetap berharap akan kesembuhan karena Yesus pastilah bertindak. 


Keputusasaan sering meminggirkan dan menjauhkan umat beriman dari Yesus. Orang terpinggirkan karena makin lama makin meragukan bahwa Yesus akan bertindak memulihkan segala sesuatu yang menjadi beban dan penderitaan. Melunturnya iman akan berdampak pada melunturnya pengharapan. Orang, umat beriman sekalipun, akan pupus pengharapan dalam hidupnya. 

Pewartaan Markus mengingatkan umat beriman akan kuasa penyembuhan Yesus. Tatkala segala daya upaya tak mampu mengurangi ataupun menghilangkan beban atau penderitaan hidup, masih ada Yesus yang (senantiasa) dapat menjadi tumpuan pengharapan. Ia akan bertindak menyelamatkan bagi yang sungguh percaya kepadaNya. “Percaya saja!”, sabdaNya (cf. Mk 5:36)..

By Slamet Harnoto

0 Response to "Pengharapan Karena Iman "

Posting Komentar

Mohon berkomentar secara bijaksana, bersudut pandang positif dan menyertakan identitas di akhir komentar (walaupun fasilitas komentar tanpa nama). Satu lagi mohon tidak meninggalkan komentar spam !

Terima Kasih | Tim KOMSOS St. Albertus Agung Kota Harapan Indah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel